Sebanyak 7.000 Camaba Dari Seluruh Jalur, WR I: 50% berasal dari jalur SPAN-PTKIN.

Padang (DKTV)

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang dalam proses penerimaan mahasiswa baru mengutamakan target 50% dari jalur Seleksi Prestasi Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN) 2023.

Dari total keseluruhan 7.000, dari seluruh jalur seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), sebanyak 50% berasal dari jalur SPAN-PTKIN.

Wakil Rektor (WR I) Bidang Akademik dan Kelembagaan Yasrul Huda menyampaikan, usai sudah pengumuman kelulusan SPAN-PTKIN 2023, bagi Calon mahasiswa baru (Camaba) yang telah dinyatakan lulus, diingatkan agar tidak menyiakan kesempatan emas ini.

“karena Kampus, menargetkan 50% dari 7.000 mahasiswa baru dari jalur SPAN PTKIN, oleh karena itu Camaba yang kita targetkan berasal dari jalur SPAN PTKIN, memang mendaftarkan dirinya,” sambung Yasrul Huda.

Lanjutnya, ini merupakan kesempatan bagi Camaba yang akan menapaki pendidikan yang lebih tinggi, mempersiapkan masa depan dan pemerintah juga menyiapkan peluang dan fasilitas dari negara untuk meningkatkan pendidikan masyarakat.

“Mudah-mudahan mereka bisa memanfaatkan kesempatan tersebut karena pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru meningkat,” harap Yasrul Huda.

Dengan mengetahui kelulusan jalur SPAN-PTKIN, Camaba bisa melakukan registrasi dan mengupload berkas serta data yang diperlukan “juga bila perlu mereka membaca dan mengikuti terus arahan di website UIN IB Padang,” tutur Yasrul Huda.

Dalam kesempatan ini, WR I Yasrul Huda juga menjelaskan, untuk mengantisipasi dan mempersiapkan fasilitas Mahasiswa Baru (MABA) seperti Ruangan kelas.

“Jika dibutuhkan ruangan kelas 100 maka 40% bisa dilakukan perkuliahan secara online lalu 60% nantinya dengan perpaduan kelas dan offline/hybrid,” ungkap Yasrul Huda.

Tambahnya, dengan kuliah online mahasiswa yang tidak dapat hadir bisa melakukan perkuliahan dengan online, dan dosen yang tidak dapat hadir juga dengan melakukan kuliah online dan harus bisa bertransformasi ke proses pengajaran digital.

Sementara itu, salah satu Camaba Bimbingan Konseling Islam (BKI) yang lulus SPAN PTKIN 2023, Eliza Putri mengatakan, sangat senang dan telah tercapai target untuk masuk Perguruan Tinggi di Padang.

“Akhirnya tercapai juga bisa kuliah di padang dari sekian banyak universitas di padang akhirnya diterima di UIN”

Eliza sebelum sudah mengikuti dua jalur SNBP dan SPAN PTKIN dan akhirnya Eliza terima di SPAN PTKIN UIN IB Padang.

“insyaallah saya akan rajin mengaji ilmu di UIN IB Padang,” tutupnya. (Bib)

Wartawan: Irvan Mufadhdhal, Ameria, Maulina, Bella Fahriya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *