WR I UIN IB Padang Jelaskan Penerapan UKT dan Penerimaan KIP

Padang (DKTV)

Dalam penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang telah dinyatakan lulus jalur SPAN-PTKIN merupakan keputusan Kementerian Agama (Kemenag), dan untuk
penerapan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, dari Kementrian pendidikan dan kebudayaan riset teknologi (Kemendikbudristek) Pemerintah.

merupakan keputusan Kementerian Agama (Kemenag).

Wakil Rektor (WR I) Yasrul Huda mengatakan, UKT UIN IB golongan 1-7 merupakan keputusan Kementerian Agama (Kemenag). Untuk jumlah UKT yang akan ditanggungkan kepada mahasiswa yang registrasi ulang, dilihat dari data yang di kirimkan.

“Juga termasuk berapa penghasilan orangtua, pekerjaan orangtua dan kondisi rumahnya,” sambung Yasrul Huda.

Lanjutnya, Camaba yang berasal dari keluarga mampu, memungkinkan mendapat UKT bagian tujuh atau delapan, namun apabila berasal dari keluarga kurang mampu bisa mendapatkan UKT bagian satu, dua dan tiga.

Selain UKT UIN IB, WR Yasrul Huda juga memberikan keterangannya terkait Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Kampus UIN IB mendapat peningkatan 200 Kouta. Di tahun ini sebanyak 450 kuota KIP, yang akan menyandang dari semua jurusan, dibanding dengan 250 kuota KIP di tahun sebelumnya.

“meskipun telah dinyatakan sebagai seorang Camaba dan telah memenuhi persyaratan KIP kuliah belum tentu dia mendapatkan KIP kuliah tersebut, karena kita hanya menyediakan 450 orang untuk penerima KIP yang sudah meningkat dari tahun lalu yang hanya 250 penerima. ” ujar Yasrul Huda

Mengingat Kuota KIP tahun sebelumnya WR l UIN IB menjelaskan bahwa, tidak bisa untuk melebihi kuota KIP yang tersedia sebanyak 450 kuota ditahun ini, karena pada tahun lalu lebih dari 1.400 peserta yang memenuhi syarat namun, hanya tersedia 250 kuota.

Namun, bagi para Camaba yang tidak lulus KIP kuliah, tidak perlu khawatir karena pemerintah juga telah menyiapkan peluang dan fasilitas dari negara untuk meningkatkan pendidikan masyarakat.

Yasrul Huda berharap, mereka harus bisa memanfaatkan kesempatan emas ini untuk masa depan mereka, dan menyiapkan diri mereka untuk memulai perjalanan baru dalam kehidupan mereka.

Bagi para Camaba terkait informasi lebih lanjut mengenai KIP kuliah, dapat memantaunya di portal UIN IB Padang dan sosial media UIN IB Padang. (Bib)

Wartawan: Irvan Mufadhdhal, Fahriya Bella, Maulina, Ameria

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *