WR I: Penerimaan UMPTKIN 2023, Kampus Targetkan 2.000 Camaba

PADANG (DKTV)

UIN IB Padang targetkan sekitar 2.000 lebih Calon Mahasiswa Baru jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) 2023. Dengan persentase 30% akan mendapatkan bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset Teknologi (Kemendikbud Ristek RI).

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor (WR I) Bidang Akademik dan Kelembagaan Yasrul Huda.

“Pada tahun ini UIN IB targetkan lulusan UM PTKIN sebanyak 40% dari jumlah peserta yang akan diterima sekitar 2.500 atau 2.000 mahasiswa yang akan diterima nantinya,” sambungnya.

Lanjutnya, setiap mahasiswa akan di uji kemampuan membaca Al-Quran, bidang keagamaan, bidang bahasa dan berbagai mata pelajaran lainnya.

Yasrul Huda juga menjelaskan, pada tahun ini pelaksanaan ujian UMPTKIN akan dilaksanakan di kampus terdekat dari lokasi para peserta dan juga akan memilih lokasi sendiri untuk melaksanakan Ujian.

“Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan secara online di tempat peserta masing-masing,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan ujian nantinya UIN IB Padang menyediakan 300 sampai 350 peserta untuk satu sift pelaksanaan ujian UMPTKIN dan dalam satu hari di perkirakan akan ada 3 atau 4 sift.

“ujian akan dilaksanakan lebih dari satu hari bahkan mungkin lebih seminggu” jelasnya.

Tambahnya, persiapan dari pihak kampus dalam pelaksanaan UMPTKIN sudaj melalui tahap finishing touch dan tanggal 22/05/2023 akan dilaksanakan uji coba atau tryout mendatang.

Di samping itu Yasrul Huda juga menjelaskan, dalam penetapan UKT untuk peserta yang lolos UMPTKIN di dasarkan pada kemampuan orang tua peserta.

“Terdapat rank UKT dari 1-7 yang akan di sesuaikan dengan kemampuan orang tua mereka, untuk penetapan UKT nantinya akan dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI,” tuturnya.

sebanyak 450 Orang akan mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dengan pembagian 70% SPAN PTKIN dan 30% UMPTKIN.

Yasrul berharap, semoga peserta UMPTKIN dapat melaksanakan Ujian dengan baik dan optimis dapat diterima di kampus UIN IB. (Bib)

Wartawan : Irvan Mufadhdhal Zulis, Rahmatullah Hafizah

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *