UIN Rancak Fakultas Saintek Open Dua Prodi

PADANG (DKTV)

Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang akan buka dua Program Studi (Prodi) yaitu ilmu aktuaria dan ilmu komputer. Prodi ini merupakan daya tarik bagi Calon Mahasiswa untuk masuk ke UIN IB.

Wakil Dekan (WD) l Saintek Subhan As mengatakan, dengan di bukanya dua prodi ini tentunya sudah di awali dengan perbincangan dan dilakukan rapat dengan pihak rektorat.

Lanjutnya, setelah melalui banyak pertimbangan dan kunjungan ke perguruan tinggi yang memiliki sumber serupa, tentunya ilmu aktuaria ini sangat dibutuhkan di persoalan asuransi terutama di Sumatera Barat.

“Penyusunan untuk pembukaan prodi sudah selesai, harus menunggu 100% penyelesaian dari PDDIKTI baru akan di submit. Insyaallah mudah mudahan tahun ini akan dibuka” jelasnya.

Subhan menjelaskan, alasan ilmu aktuaria ini dipilih karena di wilayah X belum ada kampus yang memiliki prodi tersebut, dan begitu juga ilmu komputer merupakan hasil dari beberapa kampus termuka di Indonesia (Institut Pertanian Bogor dan Universitas Indonesia).

Ilmu Aktuaria merupakan gabungan dari ilmu ekonomi ,matematika, akuntansi, oleh karena itu jurusan ini lebih pas jika di letakan di fakultas saintek. Dan untuk prodi ilmu komputer dibuka agar melahirkan generasi ahli komputer yang punya dasar keislaman yang kokoh.

Tambahnya, dilihat studi ini akan difokuskan pada komputasi cerdas dengan jaringan dan keamanan komputer.

“sampai saat ini sudah sampai pada proses submit ke aplikasi milik Dikti” ujarnya

Di samping itu subhan juga mengatakan terkait tenaga pendidik, ilmu aktuaria merupakan turunan dari matematika, nantinya dosen matematika di fakultas saintek ada 9 orang dan dimasukan minimal 5 dosen, untuk Ilmu komputer fakultas saintek juga punya 10 dosen di jurusan sistem informasi.

“tentunya tenaga pendidik ini belum cukup, namun bisa saja rektorat meminta dosen-dosen kontrak non pns untuk tenaga pengajar,” ujarnya pada saat di wawancarai oleh wartawan DKTV.

Terkait Fasilitas nantinya ada dua laboratorium yang bisa dipakai untuk ilmu komputer dan ilmu aktuaria juga bisa include disana dan akan dianggarkan untuk laboratorium robotik juga ruangan yang memadai untuk dosen.

Subhan berharap, dengan di bukanya Prodi baru ini akan manjadi daya tarik untuk calon mahasiswa masuk ke UIN IB dengan peminatannya seperti ilmu aktuaria juga ilmu komputer.

Wartawan : Fadhlan dan Irvan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *