Wakil Menteri Agama RI Kunjungi UIN IB Padang

PADANG (DKTV)

Wakil Menteri agama RI Zainut Tauhid Sa’adi Kunjungi UIN IB Padang dalam rangka kuliah umum dan melakukan monitoring pelaksanaan UMPTKIN 2023, serta membuka secara resmi kegiatan Enterpreneur Festival yang di adakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Sebelum memulai kuliah umum dengan tema “Peran dan Kontribusi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Dalam Membangun Sikap Kenegarawanan Pancasilais”, Zainut Tauhid Sa’adi melakukan monitoring pelaksanaan UMPTKIN, yang hari ini mulai di selenggarakan secara serempak di berbagai perguruan tinggi islam negeri se Indonesia.

“Melalui UIN IB Padang, saya bisa berkomunikasi dengan PTKIN dari seluruh Indonesia untuk melakukan monitoring pelaksanaan UMPTKIN,” ujarnya.

Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTKIN) berlangsung dari hari ini tanggal 29 sampai 08 Juni mendatang.

Zainut Tauhid memberikan kuliah umum kepada mahasiswa mengenai Peran dan Kontribusi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam membangun sikap Kenegaraan Pancasilais.

“Orang yang memiliki sifat politikus dan kenegaraan itu berbeda. Orang yang politikus umumnya hanya memikirkan kesejahteraan pribadi dan kelompoknya saja, namun untuk orang yang memiliki sifat kenegaraan akan memikirkan kesejahteraan rakyat dan bangsanya ketika masa jabatannya akan selesai,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UIN IB Padang Martin Kustati menyampaikan dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kedatangan Wakil Mentri Agama beserta tim yang telah mendukung secara penuh UIN IB Padang, dan memberikan kepercayaan untuk melaksanakan monitoring terhadap pelaksanaan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) UMPTKIN tepatnya di UIN IB Padang.

“Pada tahun ini peminat UMPTKIN di UIN IB Padang meningkat sebanyak kurang lebih 1800 dari tahun sebelumnya, dalam hal ini mahasiswa dan wartawan dari berbagai media massa menjadi elemen penting bagi perkembangan UIN IB Padang kedepannya,” tuturnya.

Martin Kustati menambahkan, UIN IB Padang terus mengambil prakasa dan melaksanakan tanggung jawab terhadap peradaban bangsa sesuai dengan tema kuliah umum hari ini “Peran dan Kontribusi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam membangun sikap Kenegaraan Pancasilais”.

“Saya Mengharapkan seluruh civitas akademika dapat mendalami nilai-nilai ideologi negara dengan bagaimana memahami kerukunan beragama dengan konteks keberagaman. Sesuai dengan misi kita yakni knowledge, revelations and culture “, Harapnya.

Setelah menyampaikan kuliah umum Wakil Menteri Agama RI juga membuka secara resmi kegiatan Enterpreneur Festival yang di adakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI).

Di lanjutkan dengan meresmikan “Kantin Atas Langit” UIN IB Padang. Disaksikan langsung oleh Rektor, Wakil Rektor I, Biro AUPK dan AAKK, Direktur Pascasarjana, dan juga Dekan dari seluruh Fakultas yang ada di UIN IB Padang. (Bib)

Wartawan: Rahimatul Hafizah, Maulina Hanifa, Irvan Mufadhdhal Zulis.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *