Pentingnya Menerima Kecepatan Informasi di Era Digital

Padang (DKTV)

Perkembangan pesatnya transformasi dan komunikasi di era digital tentu menjadi pandangan publik termasuk Mahasiswa. Hal ini dikarenakan perolehan media digunakan hanya dengan seperkian detik. Tentunya ini sangat berpengaruh dalam mengkonsumsi media tersebut di era saat ini.

Menanggapi hal tersebut, hadir sebagai narasumber UIN IB Padang Prof. Nurus shalihin. Msi, PH.D menyampaikan, media sosial hari ini (Indonesia) mengalami krisis kecerdasan akhirnya kecerdasan tertimbun, krisis kesadaran kemanusiaan dan dituntut harus berfikir cepat dan sigap dalam bertindak.

Media sosial menjadi media yang berpengaruh dalam perkembangan masa dan teknologi. Kekuatan bukan lagi ada ditangan rakyat tapi terdapat dalam kecepatan dan semua hal yang berkekuatan diluar kecepatan menjadi lumpuh. Memposting sesuatu dibawah kecepatan harus berlandaskan sikap kehati-hatian.

“Saya mengambil Perspektif Paul Sperio tentang. Kita berada dalam logika kecepatan teknologi informasi yaitu media sosial” ucap sang prof ketika menjadi narasumber pada seminar internasional Voice Of America (VOA) go to campus bersama Radio Padang yang bertajuk Transformasi dan Komunikasi di Era Digital.

Lanjutnya, ia juga mengatakan platform yang paling banyak digunakan adalah WhatsApp kemudian Instagram disusul dengan youtube.

Sementara itu, Senior Editor/Radio Team Lead/ VOA Indonesia Eva Mazrieva mengenai media, memulai mematik di dalam materi dengan menyampaikan, tantangan semakin lama semakin membesar. Radio masih dipertahankan karena radio itu cepat dan segera, Will time langsung live disaat itu juga. Hanya berbeda dengan Televisi yg harus diedit dulu sebelum penayangan di dalam VOA terdapat 4 siaran.

“Salah satu penanyagan yang berisi ialah aktifis palestina yang mogok makan dan hanya dibiarkan oleh pemerintahan,” Ujarnya.

Pemateri selanjutnya, Rektor UIN IB Prof.Dr.Martin Kustati, M.pd terhadap perkembangan teknologi dengan menyampaikan dalam materinya, perlunya kecerdasan berkomunikasi di era piawai dalam mempelajari bahasa asing dan menguasai pengetahuan yang ada diluar sana.

“Piawai dalam mengambil informasi yang disebar luaskan karena dalam seperkian detik kita akan menerima berbagai informasi dari berbagai belahan dunia”
Imbuhnya buk Rektor.

Lanjutnya, mari bersama sama mencari persahabatan dengan media sosial utk mendapatkan ilmu pengetahuan seluas-luasnya dengan memanfaatkan platform yang ada untuk informasi jarak jauh yang tidak bisa di gapai dengan cepat arus komunikasi menjadi tantangan untuk generasi sekarang dalam menghadapi situasi saat sekarang ini.

Point pentingnya adalah stay connektif. Berpikir Kritis dalam mengahadapi situasi dan tidak hanya bisa menerima tapi harus diteliti dan ditelah dengan pengetahuan yg ada. Dengan penguasaan bahasa kita akan memahami budaya asing.

Karena tidak semuanya buruk dalam 1 pandangan, cobalah lihat dalam sudut pandang yang lain karena bangsa asing dibelahan bumi itu juga merupakan ilmu pengetahuan untuk menghadapi tantangan zaman selanjutnya. Jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan terhadap isu yang beredar karena setiap kepala mempunyai penafsiran yang berbeda dalam menganalisis informasi yang ada.

Moderator Fika losmeri juga mememberi tanggapan, tantangan bagi media untuk semakin berkembangnya zaman. Agar media itu tidak hilang begitu saja ditelan perkembangan teknologi.

Disamping itu, Leader Radio Padang FM H.Leonardy Harmainy Dt.Bandaro Basa,S.IP,MH juga memperkenalkan profil Radio Padang FM dengan mengatakan, berdiri Radio Audio FM di dasarkan kepada kepedulian terhadap masyarakat yang nantinya akan mewarnai kehidupan.

Lanjutnya, fungsi berita menghadirkan program program berita informatif. Selain bekerja sama dengan lembaga berita seperti VOA, kantor berita radio dana kantor berita antara; Padang FM juga menghadirkan berita produksi ini house yang ditayangkan 2x dalam sehari.

Tidak hanya itu, radio dakwah berfungsi sebagai Islami untuk memenuhi kebutuhan rohani masyarakat. Selain itu, Mutiara Hikmah yang berisikan sari ajaran Islam juga diputar setiap 15 menit yang dapat memberikan kesejukan secara rohani.

Seminar internasional VOA Goes to Campus bersama Radio Padang FM merupakan bentuk kerjasama dengan Kampus UIN IB Padang dan dalam rangka 25 tahun Radio Padang FM.

Hadir dalam seminar internasional tersebut Wakil Dekan III Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Dr. Abdullah Khusairi, MA, memberikan tanggapan, acara bersama media ini memiliki kepentingan keilmuan bagi UIN IB Padang, di bidang Ilmu Komunikasi terkhususnya. (Bib)

Wartawan : Asyifa, Maulina Hanifa.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *