41 Mahasiswa UIN IB Lolos Dalam Seleksi Pelatihan Menulis

DKTV –

Sebanyak 41 orang mahasiswa UIN Imam Bonjol dari berbagai fakultas terpilih untuk mengikuti Pelatihan Penulis Karya Ilmiah dan Populer 2023. Seleksi selama dua bulan terakhir memperlihatkan masih belum terlalu antusiasnya mahasiswa dalam dunia tulis menulis. Dunia satu ini masih tergolong sepi peminat dibandingkan dengan cabang olah raga dan E-Sport.

Dari data yang diperoleh jumlah peserta dari masing masing fakultas yaitu Fakultas Tarbiah dan Keguruan (FTK) sebanyak 10 orang, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) sebanyak 7 orang, Fakultas Ushuluddin (FUSA) 11 orang, Fakultas Saintek 1 orang , Fakultas Syari’ah dan Hukum (FSH) 4 orang Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) sebanyak 4 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) 4 orang.

Kegiatan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Imam Bonjol ini dimaksudkan untuk membangkitkan gairah penulisan ilmiah dan populer di tingkat mahasiswa.

Wakil Rektor III UIN Imam Bonjol Padang, Welhendri Azwar, M.Si, Ph.D, menyatakan, kegiatan ini sejalan dengan semangat dan visi kampus. “Kecakapan menulis salah satu hal penting bagi mahasiswa yang bisa meningkatkan akreditasi dan kebanggaan kampus. Kita ingin meningkatkan kapasitas tersebut. Pasca Pandemi, ini terasa sangat penting sekali,” ujar Welhendri.

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Afridaningsih, S.Ag, MA mengungkapkan acara ini akan digelar pada 7-9 Juli mendatang di Grand Zuri hotel Padang.

“Mereka yang terpilih setelah melewati seleksi yang diketuai oleh Dr. Abdullah Khusairi, MA., beliau expert bidang tulis menulis populer juga ilmiah,” ungkap Ibuk Neng, demikian ia akrab disapa oleh para mahasiswa UIN IB Padang.

Dr. Abdullah Khusairi, MA ketika dihubungi mengatakan, kegiatan ini tahun depan diusulkan menjadi Student Literacy Camp. “Ini perdana, mengajak mahasiswa yang punya passion tulis menulis agar bisa bergabung dan memberi pengaruh banyak kepada yang lain. Kapan perlu event seperti ini harus menjadi seperti Indonesia Idol. Diperebutkan tiketnya, karena kita menyiapkan secara ekslusive,” ujar Wakil Dekan III Fakultas Dakwan dan Ilmu Komunikasi (FDIK) ini.

“Ini acara penting bagi mahasiswa, di tengah godaan digital dan dunia visual, dunia menulis kian berada di jalan sepi,” ujar Khusairi.

Acara yang dibungkus dengan tema “Dengan Membaca Mengenal Dunia, Dengan Menulis Dikenal Dunia” akan menghadirkan expert seperti Bobi Lukman Piliang, dari Digimedia Jakarta. Seorang pekerja media yang pernah bergabung di Istana Negara dan juga Cikeas, markas mantan presiden R.I, keenam. SBY.

Tidak hanya itu dalam pelatihan ini juga akan menghadirkan doktor muda UNP, Dr. Reno Fernandes, M.Pd yang mengusung materi tehnik penelusuran referensi dan sitasi dan juga akan tampil Dr. Muhammad Jamil, MA, yang akan menerangkan materi analisis data penelitian kualitatif menggunakan Nvivo.

Selain dengan tiga narasumber ini, juga akan memberi pelatihan langsung sebagai fasilitator, dosen Linguistik Fakultas Adab dan Humaniora, Nofel Nofiadri, Ph.D, dan dosen sejarah Muhammad Nasir, SS, MA, dosen Fakultas Syariah dan Hukum, yang juga sastrawan Sumbar, Dr. Zelfeni Wimra, MA, Muhammad Taufik, S.Ag, M.Si,.

Wartawan: [Akbar Nasution]

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *