Cabang Seni Puitisasi Al-Qur’an Satu langkah Menuju Mendali Emas

PADANG (DKTV)

Sherli Dwi Andri Saputri mahasiswi jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Imam Bonjol Padang,
semakin dekat melanjutkan perjuangannya meraih mendali emas pada ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) se-Sumatera cabang seni Puitisasi Al-Qur’an, setelah sebelumnya berhasil menyisihkan 20 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera pada babak penyisihan.

Berdasarkan hasil penjurian dan rapat pleno oleh panitia pelaksana PKM III PTKIN se-Sumatera, kontingen cabang seni Puitisasi Al-Qur’an UIN Imam Bonjol Padang lolos ke babak grand finalis (10 besar) yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-30 Juli 2023, secara luring.

Menjelang keberangkatan, Sherli Dwi Andri Saputri tentu lebih mempersiapkan diri dengan latihan bersama pelatih maupun otodidak.

Sherli menyampaikan, sesuai dengan arahan pelatih untuk saat ini fokus merancang dan mengarang puisi. Sesuai dengan juknis terdapat lima tema yang nantinya akan ditentukan secara acak oleh juri ketika luring.

“Sudah ada lima tema pilihan sesuai dengan juknis, ada lima tema pilihan yaitu tema alam, alam semesta, hidup dan kehidupan, akhlak dan manusia,” ujar Sherli.

Dari lima tema tersebut, Sherli dalam proses mempersiapkan mengarang masing-masing tema dengan target dipertemuan latihan berikutnya sudah selesai lima karya. Agar ketika pelaksanaan lomba, ketika juri memilih diantara tema tersebut, sudah dipersiapkan jauh hari.

“Seumpamanya juri menentukan tema manusia, contoh karya puisi yang dari kita sudah ada,” sambungnya.

Mekanisme perlombaan Puitisasi Al-Qur’an PKM III PTKIN se-Sumatera nantinya setiap Kontingen wajib menulis terlebih dahulu selama beberapa jam, setelah karya nya selesai baru ditampilkan.

Dalam mempersiapkan latihan sudah menjalani selama satu bulan, untuk pertemuan dengan pelatih dilaksanakan seminggu dua kali.

Sherli mengatakan, untuk target di Grand finalis bisa mengharumkan nama Kampus dengan membawa pulang mendali.

“Target bisa berhasil memenangkan mendali emas, karena kita harus berharap setinggi tingginya,” jelasnya.

Sherli juga mengukapkan
meskipun lomba cabang seni Puitisasi Al-Qur’an perdana karena sebelum nya hanya berkecimpung di karya puisi. Tetap akan optimis dan memberikan hasil yang terbaik. (Bib)

Wartawan: Habib Jatmika Imam, Agung Cikal Pratama.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *