Bawakan Monolog Balada Sumarah, Siap Mengantarkan Kemenangan

Padang (DKTV)

Husnul Fauzani mahasiswi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN IB Padang, akan menampilkan penampilan terbaik dengan membawa tema Balada Sumarah pada Grand Final lomba Monolog pada ajang Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) III se-Sumatera.

Balada Sumarah adalah salah satu monolog karya Tentrem Lestari yang menyajikan kesengsaraan sebuah keluarga yang terpaksa harus kehilangan kepala keluarganya, yang diciduk oleh aparat karena dianggap terkait dengan PKI.

Akrab disapa Husnul menyampaikan, alasan memilih tema Balada Sumarah karena menyukai karakter tersebut dikarenakan karakter utama nya adalah perempuan dan lebih mudah untuk dikuasai.

“Tokoh utama nya itu bernama Sumarah, ditemukan sembilan sifat, yakni berjiwa besar, analitis, sensitif, pasrah, cerdas, pekerja keras, pesimistis, idealis, dan penakut,” ujar Husnul.

Lanjunya, untuk juknis yang tertera, masing-masing kontingen yang lolos Grand Final akan kembali menampilkan tema yang sama pada babak penyisihan.

“Pada babak penyisihan panitia menyediakan 5 tema dan saya memilih tema Balada Sumarah. Oleh karena itu untuk sekarang lebih fokus lagi pada latihan pemindahan emosi, pertukaran karakter, dan penghafalan naskah. Agar tidak kaku saat memeragakannya ketika tampil nanti,” jelasnya.

Husnul juga menyampaikan, persiapan sudah dimulai sejak bulan Mei. Latihan dilaksanakan seminggu 3-4 kali pertemuan didampingi oleh pelatih.

Selain melaksanakan latihan wajib, Husnul juga mempersiapkan latihan secara mandiri sesuai dengan arahan pelatih.

“Dibawah naungan pak Dr. Zelfeni Wimra, beliau mengatakan penampilan saya sebelumnya (babak penyisihan) hanya 25%, sedangkan pelatih bilang untuk tahap selanjutnya minimal penampilan saya harus 75%,” sambungnya.

Target pada grand final tentunya ingin membawa pulang mendali emas dengan latihan lebih rutin, lebih tegas, dan banyak lagi yang harus diperbaiki.

Diketahui cabang lomba Monolog PKM se-Sumatera, kontingen UIN IB Padang berhasil menjadi Grand finalis setelah berhasil melewati babak penyisihan dengan menyisihkan 11 peserta dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera.

Berbeda dengan babak penyisihan untuk Grand Final yang akan dilaksanakan pada tanggal 22-30 Juli di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Setiap Kontingen, akan menampilkan drama Monolog secara langsung dihadadan dewan juri. (Bib)

Wartawan: Habib Jatmika Imam, Agung Cikal Pratama.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *