Teknik, Taktik, dan Mental Wajib Dikuasai Oleh Atlet

Padamg (DKTV)

Dalam mempersiapkan menjelang pertandingan terdapat tiga syarat jika ingin dikatakan seorang atlet dan apabila ingin mencapai kemenangan. Apabila Teknik, taktik, dan mental tidak dimiliki oleh atlet, maka yakin dan percaya masih jauh dari kata sempurna.

Demikian penyampaian pelatih kontingen Cabang Olahraga (Cabor) Tenis Meja UIN IB Padang, Jon Herison. Ketika diwawancarai oleh tim DKTV mengenai perisapan menjelang keberangkatan Pekan Kreativitas Mahasiswa III (PKM) Jambi, di lokasi latihan, Rabu (19/07/2023).

“Ketiga itu adalah syarat untuk menjadi atlet, apabila salah satu dari itu tidak ada, yakin dan percaya belum lengkap rasanya, contoh teknik bagus, mental bagus tapi mental tidak ada disaat pertandingan akan sangat mempengaruhi. Begitu juga dengan mental bagus, teknik bagus tapi taktiknya tidak ada sama saja bohong,” ujar sang pelatih.

Lanjutnya, untuk mempersiapkan teknik, taktik, dan mental. Latihan wajib (regional), dilaksanakan dilaksanakan rutin tiga kali dalam seminggu.

Namun Karena sudah mendekati jadwal pertandingan yang telah ditentukan, porsi jadwal latihan ditambah hingga malam hari.

“Kita menyesuaikan situasi dan malahan diluar reguler dari club Tenis yang ada di Padang seperti atlet kita ini, dia juga melaksanakan latihan malam, ba’da isya. Karena waktu kita tidak lama lagi akan berangkat ke Jambi, kita tingkatkan latihannya waktu pagi kita kasih waktu latihan tambahan ,sore seperti biasa dan lanjut malam kita juga kasih tambahan,” jelasnya.

Selain melaksanakan latihan wajib (regional) atlet juga rutin gabung latihan bersama dengan club tenis meja yang berada di Padang. Terdapat kisaran 8-10 orang setiap malamnya.

Jon Herison menjelaskan, terkait target untuk PKM se-Sumatera, mencapai ke tahap babak semifinal. dan apabila tidak mencapai target akan menjadi evaluasi untuk event selanjutnya.

“Tentu kita tingkatkan lagi terutama latihan dan kekurangan ketika pertandingan nanti, akan kita benahi bersama-sama. Pasti itu tentang tekniknya yang paling mendominasi untuk kita perbaiki,” ungkapnya.

Pasca pertandingan nanti apapun hasilnya, latihan tetap akan dilaksanakan seperti biasanya. Secara sistematis latihan akan berkelanjutan karena dalam program untuk mempersiapkan ke tingkat nasional.

“Untuk latihan kita ini tidak hanya sebatas event PKM. Setelah di Jambi apapun hasilnya kita akan mempersiapkan ke tingkat nasional,” tuturnya.

Sementara itu, atlet tunggal Cabor Tenis Meja UIN IB Padang, Rifqy Adiba Alfaruqy menyampaikan, untuk perisapan menjelang pertandingan pelatih menyarankan untuk rutin bermain agar reflek ngambil bola lebih cepat.

Sedangkan untuk perisapan di luar latihan mengganti karet bet dan terus menjaga kesehatan agar lebih fit ketika bertanding nantinya.

Perihal terkait Terget, ia mengatakan lebih dimaksimalkan diri sendiri dan memberikan yang terbaik “bisa dapat juara Alhamdulillah, kalo tdiak berarti emang sudah jalannya,” sambungnya.

Mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Padang, berharap, tentu ingin mendapatkan mendali emas juga perjalanan dari babak penyisihan hingga final berjalan lancar.

Ia juga menyampaikan erimakasih kepada orang tua yang telah mendoakan, teman-teman jurusan dan club’ tempat biasa latihan tenis meja.

Disesi latihan, turut hadir Kabag Akademik dan Kemahasiswaan UIN IB Padang, Afrida Nengsih memberikan support.

Turut memberikan tanggapan Afrida Nengsih mengatakan, dalam jangka dekat ini tentu latihan di setiap masing-masing Cabor lebih di maksimalkan.

“Kita akan melaksanakan pelepasan hari Jumat besok oleh buk Rektor kemudian di hari Sabtu jadwal kita berangkat ke lokasi ruang rumah,” sambungnya.

Lanjutnya, untuk lokasi latihan Tenis Meja sebetulnya terletak di Gedung Serba Guna (GSG), karena hari libur GSG itu terkunci juga tidak bisa memaksa dan berkeinginan latihan disana. karena Akama kampus II memadai untuk tempat latihan, di pindah alihkan sementara di sini.

Afrida Nengsih berharap, dibeberapa cabang olahraga sudah melakukan latihan secara marathon, semoga mendapatkan hasil secara maksimal. (Bib)

Wartawan: Habib Jatmika Imam, Agung Cikal Pratama.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *