Menuju Jambi, Kontingen UIN Padang Menggunakan Tiga Bus

Padang (DKTV)

Keberangkatan kontingen UIN IB Padang dalam rangka Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) III se-Sumatera dan Perguruan Tinggi Islam (PTI) se-Asia tenggara 2023, menggunakan tiga bus kampus.

Kontingen UIN Padang dengan jumlah 90 orang yang terdiri dari atlet/peserta, pelatih, dan Official. Bertolak dari Kampus II Lubuk Lintah, Kec. Kuranji, kota Padang menuju lokasi tuan rumah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Sesuai arahan dari Wakil Rektor III Welhendri Azwar pada pelepasan kontingen UIN IB Padang ke UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi, sebanyak 90 orang akan diberangkatkan dengan 3 bus pada 22 Juli 2023.

“Kita berangkat ke Jambi sekitar jam 21.00 WIB , berangkat malam ini di pilih karena adanya buka tutup jalan di daerah sijunjung yang takutnya kalau siang hari bisa memperlambat perjalanan,” tutur WR III tersebut.

Tambahnya, keberangkatan malam ini sangat efektif, pembukaan PKM akan dilaksanakan pada hari Senin, dengan keberangkatan ini nantinya para kontingen memiliki waktu satu hari sebelum pembukaan untuk mempersiapkan semua kebutuhan dan kelengkapan mereka disana.

Senada dengan itu menjelang keberangkatan bus, ketua panitia PKM III, Mahmud Danil Chaniago menyampaikan, selain mengecek keamanan dan kelengkapan perjalanan, sebelum keberangkatan kontingen juga terlebih dahulu melakukan doa bersama.

Lanjutnya, kondisi fisik para peserta juga harus di jaga ketika dalam perjalanan agar nantinya tidak mempengaruhi fokus dan fisik ketika sedang berlomba.

“Selain keamanan para kontingen kondisi fisik mereka juga harus dijaga dengan baik apalagi di dalam perjalanan nantinya,” ujar ketua pelaksana PKM III se-Sumatera UIN IB Padang ini.

Wakil Dekan (WD III) Fakultas Adab dan Humainora, Mahmud Danil Chaniago juga menjelaskan, tujuan dari pentingnya mengawasi keberangkatan ini juga agar para peserta bisa fokus ke tujuannya dan UIN IB Padang bisa mempertahankan piala bergilir yang diperoleh pada PKM II se-Sumatera tahun 2022 lalu.

“Kita kesana membawa tanggung jawab yang besar dan kita mempertahankan status sebagai juara umum namun, kita semua sudah melalui proses tinggal Allah yg menentukan. Jangan takut dengan lawan. Tetap percaya diri dengan usaha sendiri, lalu membangun ukhuwah dan mengingatkan Menang-kalah bukan ranah kita, yang diperlukan adalah usahanya. Walaupun kalah, tetap membanggakan jangan sampai beban ini menjadi alasan tidak fokus,” jelasnya.

Sementara itu, atlet Cabang Olahraga (Cabor) Panjat Tebing UIN Padang, Ziqwan Rivaldo Tamel, mengatakan, siap secara fisik dan mental. Ia kembali akan mentargetkan membawa pulang dua mendali emas di dua katagori speed dan lead.

Diketahui atlet Cabor Panjat Tebing UIN Padang di ajang PKM II sebelumnya berhasil menyumbangkan dua mendali emas diantara 10 mendali emas yang berhasil diraih oleh UIN Padang sebagai Juara umum pada PKM II se-Sumatera di tahun 2021.

Pada ajang PKM ke II Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) se-Sumatera di tahun 2021, UIN IB Padang keluar sebagai juara umum dengan perolehan 10 medali emas, sembilan medali perak, dan tiga medali perunggu. Selain itu, juga juara harapan II sebanyak dua cabang lomba dan juara harapan III sebanyak lima cabang.

Kala itu, UIN Padang menjadi tuan rumah berada di urutan pertama dengan total 29 medali, kemudian disusul oleh UIN Raden Intan Lampung yang memperoleh 18 medali, dan diperingkat ketiga diraih oleh UIN Sulthan Taha Saifuddin Jambi dengan perolehan 15 medali.

Wartawan: Habib Jatmika Imam, Akbar NST.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *