PKM III se-Sumatera Resmi Dibuka

Jambi (DKTV)

Sebagai ajang silaturahmi ukhuwah islamiah antar mahasiswa keagamaan, Pekan kreativitas Mahasiswa (PKM) III dan Perguruan Islam (PTI) se-Asia Tenggara resmi dibuka.

Dalam penyambutan Wakil Gubenur Jambi, Abdullah Sani menyampaikan, selamat datang kepada seluruh kontingen dan para pendamping Perguruan Tinggi Islam Negeri se-Sumatera.

Lanjutnya, ini merupakan momen untuk memperkuat ukhuwah islamiah antar mahasiswa keagamaan, dengan silaturahmi dengan yang kokoh akan mampu merubah kan membangun peradaban masyarakat lebih baik.

“Besar harapan saudara dapat manfaat kan wadah meningkatkan skil akademis maupun akademik, bisa menjadi penerus insan-insan yang cerdas dan pandai, juga berjiwa Arif,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Rektor (WR III) UIN Jambiz Bahrul Ulum, menyampaikan, pada PKM ke III turut mengundang perguruan tinggi selain Sumatera yaitu Asia Tenggara sehingga total jumlah 22 PTKI se-Sumatera dan 9 perguruan tinggi Islam di Asia Tenggara.

“6 negara yang pertama adalah dari negara Malaysia, Thailand, Singapura, Filipina, kamboja, dan Brunei Darussalam,” ucapnya.

Tambahnya, ada 33 cabang lomba, bidang ilmiah 10, cabang olahraga 12 dan bidang seni 11 cabang.

Tanggal 20 sampai 22 mei 2023 telah di adakan 13 cabang omba secara daring dan pada hari besok tanggal 25 sampai 29 akan memasuki tahap final. Kemudian sisanya 20 lomba itu akan dipertandingkan mulai besok tanggal 25 sampai 29 juli 2023.

Mewakili Dirjen Pendis RI, Kasubit Kemahasiswaan dan Sapras Dirjen Pendis Kemenag mengatakan, atas nama pimpinan, mengucapkan selamat dan sukses dan apresiasi, sangat positif mengembangkan bakat minat ptkin dan tentunya. Wadah membina prestasi, mental.

Sebenarnya ada empat zona dalam rangka membina dan meningkatkan prestasi di ptkin dan sejati nya pelaksanaan PKM sebelum sekala nasional namun karena perintah Menag, sudah terselenggarakan, namun bukan berarti pelaksanaan PKM tidak penting .

“Selamat berkompetisi selamat menjalankan amanah dewan hakim wasit, mari kita jaga integritas moralitas dalam bertanding,” tuturnya.

Wartawan: Habib Jatmika Imam, Akbar NST.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *