Stand Bazar Turut Ramaikan PKM III

Jambi (DKTV)

Ditandai dengan gunting pita oleh ketua forum Rektor PTKIN se-Sumatera Nyayu Khadijah, Bazar Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM-III) se-Sumatera dan se-Asia Tenggara hari pertama resmi dibuka.

Prosesi gunting pita pembukaan Bazar dilaksanakan setelah pembukaan PKM III se-Sumatera dan PTI se-Asia Tenggara pada Senin 24 Juli 2023 di depan gedung Prof. Dr. H. M Chatip Quzwain.

Selain Nyayu Khadijah, pembukaan Bazar ini juga di hadiri oleh Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Rektor UIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Prof. Su’aidi, Rektor UIN IB Padang Martin Kustati dan para tamu undangan pembukaan PKM-III.

Bazar yang terdiri dari 20 stand ini diisi oleh berbagai macam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari jajanan Kuliner hingga kain batik khas Jambi, dan berbagai macam produk khas Jambi lainnya.

Salah seorang pedagang Batik di Stand Bazar, Ahmad Nabil, mengatakan, ini merupakan momentum untuk memperkenalkan produk Batik Jambi kepada kontingen dari berbagai daerah.

“Karena pergelarannya tingkat Sumatera dan se-Asia Tenggara, momentum yang tepat untuk memperkenalkan produk Jambi dan cocok untuk oleh-oleh,” sambungnya.

Lanjutnya, untuk batik yang dijual terbagi menjadi beberapa jenis yaitu batik dengan bahan tulis, batik dengan bahat cat dan batik sarimbe, dengan beragam motif khas Jambi.

“Untuk kain batik sendiri ada yang sudah jadi seperti baju dan ada juga yang dijual kain permeternya,” jelasnya.

Tidak hanya itu Nabil juga menjelaskan bahwa masing-masing pedagang yang ada di Bazar, hanya membayar sewa sekali saja untuk seminggu kedepan. Karena untuk pelaksanaan Bazar hanya sampai penutupan PKM III.

Nabil juga menyampaikan, dengan adanya Stand Bazar dapat membantu UMKM. Rata-rata pemilik Stand Bazar berasal dari masyarakat sekitaran kampus.

Disisi lain Ahmad Nabil merupakan mahasiswa UIN Sultan Thaha Saifuddin yang sudah lama menekuni dunia perbaktikan. Terhitung sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah mengenal jenis-jenis batik khas Jambi.

Wartawan: Habib Jatmika, Akbar NST.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *