Bukan PBAK Biasa, Maba UIN IB Wajib Tau

Padang (DKTV)

Pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang semakin dinantikan oleh Mahasiswa Baru (Maba). Oleh karena itu, panitia pelaksana PBAK 2023 akan membuat acara lebih menarik dari tahun sebelumnya.

Ketua umum Panitia PBAK Tegar Efrizal mengatakan, bagi Maba UIN IB Padang di PBAK nantinya akan dipanggil “Pandeka”. Hal ini bertujuan agar bisa menimbulkan nilai juang yang tinggi. Pandeka bisa di artikan sebagai pendekar, yang mempunyai filosofi pejuang minang,yang bermula dari Buya Hamka.

Pandeka tidak hanya sebutan untuk laki-laki saja, akan tetapi pejuang-pejuang dari kalangan perempuan disebut sebagai “Pandek”.

“Jadi kami ingin dengan sebutan ini, bisa menumbuhkam jiwa juang yang tinggi Pandeka,” Imbuhnya

Kesiapan pelaksanaan Panitia pada rapat kelima,sudah mencapai 85% dimulai dari laporan setiap fakultas,yang sudah menyiapkan program yang akan mereka laksanakan,dan pihak panitia sudah siap untuk meluncurkan surat tugas PBAK kepada Pandeka UIN IB Padang.

Sekarang hanya menunggu penjadwalan yang ditetapkan untuk meluncurkan lampiran tugas. “Jadi hampir semuanya tinggal menunggu jadwal pengumumanya yang sudah kami tetapkan,” ucap sang ketua

Lanjutnya, terkait rundown dan waktu pelaksanaan akan diinformasikan pada saat tanggal tiga atau empat Agustus. Karena hari ini yaitu tgl 2 agustus, pimpinan mengadakan rapat terkait kepastian waktu dan tempat pelaksanaan PBAK 2023.

Nantinya pada hari Jum’at, panitia akan akan melakukan rapat yang ke-enam,guna membahas secara detail acara yang dilakukan dari hari pertama sampai hari terakhir (penutupan).

Bercermin dari tahun sebelumnya, rancangan PBAK tahun ini akan lebih meriah. Pihak panitia akan terus mengupayakan untuk mengadakan pentas seni (Pensi) pada saat penutupan PBAK, para Pandeka yang mempunyai bakat akan ditampilkan di pentas seni.

“kami akan mengupayakan untuk di adakannya pentas seni pada acara penutupan” ungkapnya

Lanjutnya, pihak panitia akan membicarakan hal ini dengan pimpinan. Namun sebagai ketua akan terus mengupayakan semaksimal mungkin untuk di adakannya pensi. Karena ini menjadi ajang untuk para Pandeka UIN IB dalam melatih mental dan bakatnya.

Kami sudah membentuk tim untuk menyeleksi bakat dari Pandeka UIN IB. Yang nantinya pihak panitia akan merekrut salah satu dari video tugas ospek yang mereka buat. Kemudian vidio bakat yang mereka miliki nantinya di upload di akun tiktok.

“Untuk gambaran secara garis besar tentunya PBAK tahun ini akan lebih meriah di bandingkan tahun tahun sebelumnya,” Sambungnya

Sebagai Ketua, Tegar menghimbau kepada Pandeka UIN IB agar tidak memakan informasi yang beredar yang belum menjadi ketetapan. Hal ini untuk meminimalisir kesimpang siuran informasi PBAK Pandeka UIN IB. Menanggapi hal tersebut, pihak Panitia akan meluncurkan akun official PBAK tiktok dan instagram yang nantinya vidio perdana akan tayang pada tanggal 3 Agustus.

“Ya lagi dan lagi kemaren terjadi lagi, penyebaran hasil rapat ke pada Maba, saya setiap rapat selalu mengingatkan kepada pantia untuk tidak menyebarkan informasi ynag sifatnya belum menjadi ketetapan,” Ungkapnya

Tegar juga menyampaikan, kepada para Pandeka UIN IB agar sudah di Padang minimal empat hari atau seminggu sebelum acara dimulai. Perihal ini disebabkan agar bisa menyiapkan tempat tinggal dan lain sebagainya

Tidak hanya itu, panitia akan mengadakan bazar di bundaran atau halaman di depan Fakultas Ushuluddin yang akan diprioritaskan oleh mahasiswa UIN IB yang memiliki usaha tentunya.

“Insyaallah jika di ACC pimpinan, akan kita adakan di bundaran, atau halaman di depan fakultas ushuluddin,” tutupnya.

Wartawan : Irvan Mufadhdhal Zulis dan Ameria Handayani

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *