Inovasi Terbaru PBAK-23 Terbitlah Logo Pandeka

Semenjana bulan Agustus, Panitia pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) semakin antusias dalam melakukan persiapan yang akan di gelar pada tanggal 23 Agustus tepatnya. Panitia mulai meresmikan logo terbaru PBAK yang sudah digunakan di berbagai macam akun media sosial serta tema PBAK yang bertajuk “Knowledge, Revelation and Culture”.

Sebelumnya terdapat lima logo yang merupakan hasil karya panitia PBAK. Kemudian diseleksi melalui voting terbanyak dari semua panitia dengan ditampilkan salah satu dari lima logo tersebut.

“Logo yang sekarang ini kita gunakan adalah logo dari hasil voting yang dilakukan oleh panitia, dimana pada saat itu melakukan voting dengan memberikan pilihan logo,” ujar sekretaris PBAK Andre.

Sekretaris panitia pelaksana Andre Putra Pratama menyampaikan, logo tersebut merupakan inovasi atau wawasan terbaru dari panitia tahun 2023 mengenai PBAK, karena pada tahun sebelumnya belum ada logo PBAK.

“Karena pada tahun tahun sebelumnya seperti yang sudah pernah saya lalui tahun kemaren itu belum ada kaya logo PBAK,” ujarnya pada saat wawancara online dengan wartawan DKTV.

Lanjutnya, berbeda dengan tahun sebelumnya, panitia telah menerbitkan sebuah logo yang berjudul Pandeka UIN Imam Bonjol (IB). Pandeka merupakan sebutan bagi Mahasiswa Baru (Maba) yang menjadi sebuah inovatif dari panitia.

“Bagaimana mahasiswa baru ini memiliki julukan yang melekat pada dirinya yaitu pandeka, ini kita kaya berkaca dari Universitas Andalas (UNAND). Kalau UNAND panggilan kepada mahasiswa barunya Rangers gitu, kalau kita panggilan nya ke mahasiswa baru yaitu pandeka,” jelas Andre.

Menurut Andre dengan adanya logo yang bertuliskan Pandeka, tentunya sangat mengapresiasi ke panitia yang sudah memberikan rancangan bagus kepada PBAK tahun 2023. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan berganti lagi logo, bisa jadi ada terobosan terbaru bentuk logo.

“Semoga panitia bisa mempertahankan inovasi ini dari tahun ke tahun serta menerbitkan pula logo logo terbaru dari PBAK,” imbuhnya.

Dikutip dari akun resmi instagram @pandeka_uin_ib terdapat filosofi logo yang diambil dari gabungan huruf PBAK yang merupakan singkatan dari “PENGENALAN BUDAYA AKADEMIK KEMAHASISWAAN”, namun dikutip dari panggilan khusus kepada Maba 2023 yaitu ” PANDEKA”, yang baru datang ke lingkungan kampus atau kehidupan “BARU”.

Dengan ditata sampai tujuannya dan tidak terlepas dari label Universitas yang memiliki kota garis besar moderasi “berAGAMA” juga “KUAT” seperti panggilan “PANDEKA” tangguh dalam segala hal yang menghampiri mereka.

Wartawan : Irvan Mufadhdhal Zulis dan Sirajal Munira.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *