Beredar 15 Tugas PBAK, Tegar: Itu Hoax

Padang (DKTV)

Lima hari menuju Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) Mahasiswa Baru (Pandeka) UIN Imam Bonjol (IB ) Padang, memperoleh informasi yang berdalih lima belas tugas PBAK. Melihat hal tersebut, panitia pelaksana mengklaim bahwa informasi tersebut hoax.

Salah satu tugas tersebut terdapat permintaan dana dari Pandeka sebesar lima puluh ribu rupiah dengan alasan snack dan bibit pohon. Hal tersebut membuat para Pandeka dilema kebingungan terhadap informasi yang didapatkan.

Memperjelas hal tersebut, Ketua umum panitia pelaksanaan PBAK Tegar Efrizal mengatakan, kepanitiaan tidak pernah mengintruksikan atau membawa apapun kecuali yang sudah terlampir di Surat Edaran (SE).

Lanjutnya, pihak panitia tidak pernah meminta dana kepada Pandeka karena yang dibawa hanya yang terlampir di surat pada saat gladi dan PBAK.

“Kami dari panitia tidak pernah meminta Pandeka untuk mengumpulkan uang sepeser apapun. Apalagi meminta pandeka untuk membawa uang lima puluh ribu, tentunya ini sangat keliru,” tegasnya.

Tegar mencurigakan bahwa ada oknum yang ingin memburukkan citra pihak panitia PBAK. Namun informasi hoax tersebut sudah tersebar di beberapa grup Pandeka. Tentunya, panitia tidak akan pernah menginformasikan selain yang sudah terlampir di surat dan ketentuan Pandeka.

Hal ini disebabkan belum jelasnya sumber informasi tersebut. Dapat dipastikan sangat berbahaya bagi para Pandeka jika memperoleh informasi palsu. Perihal ini Panitia masih belum menyelidiki informasi tersebut dan langsung mengklarifikasi di akun resmi Pandeka.

“Tadi ketika saya mendapat laporan dari salah satu panitia terhadap tersebarnya hal tersebut, saya langsung mengintruksikan bidang media untuk klarifikasi di akun pandeka, saya berharap pandeka tidak percaya atas hal tersebut,” ungkapnya pada saat wawancara online dengan wartawan DKTV.

Lanjutnya, jangan sampai panitia sendiri yang menyebarkan berita tidak benar kepada Pandeka karena itu merupakan kesalahan yang besar.

Tegar berharap, kepada para Pandeka agar cakap dalam menerima informasi yang tersebar serta kepada mahasiswa mari menyukseskan PBAK 2023 dengan tidak menyebarkan hal meresahkan bagi Pandeka.

“Sudah berkali-kali saya sampaikan untuk bijak dalam menerima informasi yang beredar.
Pada saat live di Instagram PBAK jugak sudah saya sampaikan hal demikian,” tutupnya.

Wartawan : Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *