Sempat Vakum, DEMA U Kembali Hadir

Pelaksanaan kegiatan Pengenalan Budaya dan Kemahasiswaan dihari kedua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) melakukan sosialisasi kepada Mahasiswa Baru (Pandeka). Dema U merupakan lembaga tertinggi bidang eksekutif yang menampung keluhan yang ada terjadi dilingkungan kampus.

Memperjelas hal tersebut Presidium dema Ikhsan mengatakan, Dema U serta Senat Mahasiswa telah lama vacum selama enam bulan. Sesuai instruksi Rektor nomor 1857 & 1858 tentang Dema U dan Sema U. Maka dibentuklah tim Presidium terdiri dari anggotanya delegasi dari semua fakultas di UIN IB.

Lanjutnya, dikarenakan di dalam hukum tidak boleh ada kekosongan jabatan (The Vacum Of Power). Maka dari itu di isilah kekosongan tersebut dan menjalankan tugas Dema sebagai mana mestinya.

Tugas utama ialah membentuk panitia yang akan mengadakan Musyawarah Dewan
Mahasiswa (Mudema) dan Sema dibulan Desember mendatang.

Langkah awal sesuai arahan pembina Muhammad Nasir akan melakukan kordinasi dengan Dema di Fakultas juga memperkenalkan pengisian kekosongan jabatan yang kosong selama enam bulan.

“Sesuai dengan arahan pembina pak Muhammad Nasir ,beliau mengatakan setelah dilantik ini kawan kawan Sema U dan Dema U akan melakukan koordinasi dengan Dema U di fakultas, serta akan memperkenalkan ini dia orang orang yang mengisi kekosongan jabatan yang kosong selama satu semester,” ungkapnya salah satu mahasiswa fakultas syari’ah

Akibat vacum selama satu semester, maka jabatan sampai pada akhir bulan 2023 mendatang hingga dilaksanakan Mudema.

Ikhsan berharap semoga seluruh elemen lingkup UIN IB dapat ikut serta dalam meningkatkan kualitas kampus dan menempuh Pandeka supaya berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan.

“Kepada seluruh elemen lingkup UIN IB Padang ikut serta dalam meningkatkan apa saja yang terjadi dikampus, dan menuntut Maba (pandeka) supaya tepat pada jalurnya,” tuturnya.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis dan Sirajal Munira

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *