UPT Perpustakaan Laksanakan User Education Bagi Maba

Padang (DKTV)

Selepas Mahasiswa Baru (Maba) mengikuti pelaksanaan Pengenalan Budaya dan Kemahasiswaan (PBAK-23). Kemudian Maba melaksanakan userr education yang diterapkan oleh Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) lmam Bonjol (IB) Padang.

Salah satu Pustakawan UPT Perpustakaan staff dibidang Repositori Digital dan Media Sosial Maizi Latifa mengatakan, tujuan kegiatan userr education sebagai bentuk pengenalan perpustakaan dengan lingkungan kampus yang baru kepada Maba.

“Jadi kenalan perpustakaan kita itu ada dimana saja, koleksi kita apa saja, dan layanan yang kita berikan apa saja, sekaligus kita mengenalkan juga media sosial yang ada di UPT Perpustakaan ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, kegiatan userr education ialah kegiatan wajib yang diikuti oleh Maba yang dilakukan selama dua hari. Nantinya Maba bisa menyesuaikan jadwal yang telah ditentukan dengan jam kuliahnya yang dilakukan selama dua hari. Hal ini diterapkan guna Maba bisa mendapatkan kartu anggota perpustakaan.

“Satu hari ini ada lima sesi, jadi Maba itu bisa memilih sesi yang lain. Kalau mau ikut kegiatan ini, disesuaikan dengan jadwal perkuliahan kalau sudah mulai kuliah, jadi nanti maba akan diberikan sertifikat karena telah mengikuti User Education nah nanti untuk syarat mendapatkan kartu anggota perpustakaan,” ungkapnya pada saat wawancara dengan wartawan DKTV

Terkait lokasi perpustakaan ruang baca kampus lll UIN IB tersedia diberbagai fakultas Ekonomi, Dakwah, Saintek, Syari’ah, Adab, dan Ushuluddin termasuk gedung pusat perpustakaan. Sedangkan lokasi di kampus ll tersedia di fakultas Tarbiyah dan gedung perpustakaan yang lama.

“Dulu pusat UPT disana, nah sekarang kita pindah ke sini yang disana itu diganti menjadi Research And Innovation Center Of Post Graduate Program. Jadi itu kaya pusat Research buat pasca sarjana jadi itu dibawah UPT Perpustakaan,” sambungnya.

Beberapa tahapan yang perlu diketahui Maba dengan mengisi pisitor yang ada dilantai satu. Kemudian tahapan jika melakukan peminjaman dan pengembalian. Lalu layanan referensi dan tandon dengan menggunakan fitur-fitur di website perpustakaan.

Selanjutnya ada pengenalan repositori untuk upload skripsi, hipotesis dan disertasi terus ada pengenalan scholar terkait karya ilmiah dosen.

Ia juga menyampaikan, perpustakaan dibuka dari jam 07.00 WIB sampai 17.00 WIB dan khususnya dipasca sarjana setiap hari Sabtu buka jam 08.00 WIB hingga jam 15.00 WIB.

Maizi berharap, semoga mahasiswa bisa memahami peraturan peraturan yang ada di perpustakaan serta mengetahui cara menggunakan layanan dan mengetahui cara mengakses berbagai fitur-fitur yang disediakan diperpustakaan.

“Jadi mahasiswa baru pas datang nggak bingung lagi, pas masuk ngisi visitor pas masuk harus .letakkan tas di loker boleh bawa tas,” tutupnya

Wartawan : Sirajal Munira dan Andika Putra

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *