Agustus Ini Menwa Buka Peluang Bagi Mahasiswa Baru

Padang (DKTV)

Gerakan cepat Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 103 Mahasakti UIN IB membuka Open Rekrutmen (OR) bagi Mahasiswa laki-laki semester satu sampai tiga. Tentunya taat kepada Undang-Undang Dasar, Pancasila, sehat jasmani dan rohani, serta bersedia untuk ikut serta dalam pendidikan dasar militer (DIKSARMIL).

Nantinya, DIKSARMIL pendidikan dasar langsung dibina oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) baik dari Matra darat, laut, ataupun udara. Dengan memakan waktu dua minggu. Setelah itu, maka mahasiswa dinyatakan resmi menjadi Menwa.

Wakil Komandan (WADAN) Menwa Batalyon 103 Mahasakti UIN IB Muhammad Yusup Lubis mengatakan, Menwa merupakan salah satu kekuatan sipil yang telah dilatih lalu dipersiapkan.

Kemudian anggota-anggota yang mampu mempertahankan NKRI sebagai salah satu wujud dari Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta atau Sishankamrata.

Lanjutnya, tugas dari Menwa dikampus ialah sebagai pengamanan dan ketertiban serta bisa sebagai contoh yang baik kepada mahasiswa lainnya. Sedangkan tugas Menwa untuk negara, yang tergabung sebagai Komponen Cadangan (KOMCAD) yang berfungsi sebagai bela negara

Tentunya dengan mengikuti OR Menwa mahasiswa akan mendapatkan relasi pertemanan yang luas, menambah ilmu, serta menumbuhkan jiwa yang disiplin, taat, dan memupuk sikap kepedulian.

Terlebih lagi Menwa memiliki semboyan “WIDYA CASTRENA DHARMA SIDDHA” yang artinya “Penyempurnaan Pengabdian dengan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Keprajuritan”.

“Jadi di Menwa itu akan mendapatkan dua aspek ilmu, pengetahuan (yang selaras dengan Tri Dharma perguruan tinggi) dan keprajuritan (selaras dengan Bela Negara),”ungkapnya pada saat wawancara via online oleh tim DKTV.

Tidak hanya itu, Menwa menuai beberapa pencapaian ditingkat daerah, Sumatra maupun Asia Tenggara “Beberapa prestasi yang dicapai Menwa ialah juara dua lepar pisau saat PKM ke 3 PTKIN Se Sumatera. Lalu PTI Se ASIA TENGGARA yang dilaksanakan bulan juli kemarin, dan Juara 2 Putra Ekowisata Sumatera Barat 2022,” ungkapnya

Lanjutnya, target yang bakal menjadi Menwa diusahakan sebanyak mungkin. Dengan mengingat dan menimbang untuk kegiatan Pengamanan (PAM) dalam setiap event kampus.

Jadwal OR Menwa dibuka dari tanggal 23 Agustus – 10 September 2023 secara online maupun offline di kampus ll Lubuk lintah blok M dan kampus lll Sungai Bangek.

“Untuk yang kampus lll menyebarkan brosur, memasang benner, memasang spanduk, dan melakukan kerja sama dengan Wakil Dekan (WD) lll disetiap fakultas,” sambungnya.

Yusup berharap, semoga para calon Resimen Mahasiswa yang sedang dalam tahap OR. Bisa terus menjaga kekompakan, keloyalan, dan kegigihannya dalam berlatih.

“Semoga Menwa UINIB bisa terus berjaya dan memberikan kontibusi terbaik, baik itu untuk diri sendiri, kampus, ataupun Negara,” tutupnya.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *