Kopma Gelar OR Guna mengembangkan Usaha Mahasiswa

Padang (DKTV)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Koperasi Mahasiswa (Kopma) UIN IB mengadakan Open Rekrutmen (OR) sampai delapan September mendatang. Tentunya OR berpeluang bagi mahasiswa yang berminat dalam menjalankan dan mengembangkan usaha.

Staf bidang Pengembangan Sumber Daya Anggota (PSDA) Ikhsan Ramadsyah mengatakan, UKM Kopma yang beroperasi dalam menjalankan dan mengembangkan serta mengelola usaha bagi mahasiswa UIN IB. Kopma juga akan memfasilitasi pelatihan dalam mengembangkat bakat minat dari anggota tersendiri.

“Kopma itu unit kegiatan kampus yang beroperasi dalam menjalankan dan mengembangkan usaha dan yang mengelola nya yaitu mahasiswa itu sendiri,” ungkapnya pada saat wawancara via online oleh tim DKTV.

Lanjutnya, Kopma dikenal sebagai kewirausahaan yang menyediakan berbagai keperluaan dari mahasiswa salah satunya Almamater. Tentunya dengan mengikuti UKM Kopma akan mendapatkan berbagai pelatihan dasar koperasi, public speaking serta desain grafis.

Terdapat enam bagian dari Kopma yaitu PSDA, Usah, Keuangan, Adum, Kominfo, dan Humas (Hubungan Masyarakat). Nantinya, kegiatan anggota baru akan diadakan magang disetiap bidang serta pelatihan yang diadakan Kopma.

“Kegiatan awal anggota baru sebelum diksar (Pendidikan dasar Koperasi). Nantinya akan ada tahapan yang namanya pengkaderan, disini anggota baru akan diadakan magang disetiap bidang dan juga mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan Kopma,” sambungnya.

Lanjutnya, tercantum beberapa persyaratan dalam mengikuti UKM Kopma dengan mahasiswa maksimal semester tiga, mengisi formulir dan mengikuti rangkaian rekrutmen yang telah ditentukan.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online maupun offline. Kopma mendirikan stand di sekitar kampus ll blok M, Lubuk lintah dan kampus lll Sungai Bangek tepat di bengkel motor Kopma.

“Untuk Offline boleh daftar di sekitar kampus dua itu langsung ke sekretariat atau di Kopmart kita dan jika dikampus tiga itu kami hukan stand nya di bengkel motor kopma yang di sungai bangek,” ungkapnya.

Ikhsan berharap, semoga Kopma dapat lebih maju dan bertahap membuka wirausaha yang lebih besar lagi.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *