Perluas Wawasan, HMPS Matematika Gelar Olimnas

Padang (DKTV)

Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN IB Padang, bakal menggelar Olimpiade Matematika Se-Nasional (Olimnas) yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 september mendatang, yang diikuti sebanyak 17 perguruan tinggi.

Acara ini bertujuan meningkatkan minat mahasiswa/i dalam ilmu matematika. Dengan menjadikan Olimpiade sebagai wadah untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang ilmu matematika. Serta menjadikan upaya mahasiswa dalam mengasah kemampuan dalam bidang matematika.

Tentunya, olimpiade merupakan cara dalam menyebarkan informasi terkait Prodi Matematika yang diketahui oleh berbagai universitas bahwasannya UIN IB sudah ada Prodi Matematika (NK) yang berada di Fakultas Sainstek sekaligus menambah relasi dari berbagai universitas.

Sebanyak 70 mahasiswa dari berbagai universitas yang akan bertanding dengan menggunakan sistem babak penyisihan, soal akan diberikan kepada seluruh Peserta Olimnas Matematika dengan waktu pengerjaan selama 60 menit.

Kemudian akan pemeriksaan jawaban oleh dosen yang selaku tim pembuat soal dan beberapa asisten dosen untuk membantu mengkoreksi jawaban peserta.

Maka akan dipilih sebanyak enam calon peserta. Setelah itu, masuk kedalam babak final yang akan mengejar soal diberikan lalu, akan dipresentasikan didepan juri. Materi terdiri dari beberapa yaitu kalkulus, geometri, aljabar linear s elementer, statistika elementer sampai matematika dasar.

Ketua Pelaksana Olimnas Firda Gusra Nanda mengatakan, Olimnas merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh fakultas Sainstek UIN. Acara ini dapat terus mendorong kreativitas mahasiswa dalam kegiatan ini dan persaingan sehat dalam menjalani kegiatan olimpiade ini.

Lanjutnya, kegiatan ini dapat memperoleh
pertukaran pengetahuan dan pengalaman dan ini menjadi salah satu cara memperluas serta memperkaya wawasan mereka dalam bidang matematika.

Firda berharap, semoga kegiatan terus berkelanjutan ke tahun tahun berikutnya dengan jangkauan yang lebih banyak terhadap kegiatan Olimpiade, hingga dapat memajukan keahlian mahasiswa terlebih lagi bidang matematika

“Dengan ini tentunya dapat menginspirasi minat mahasiswa di dalam bidang matematika yang dapat menarik kemampuan mahasiswa dalam bidang ilmu matematika,” tutupnya

Informasi :

Berikut daftar universitas yang mengikuti kegiatan Olimpiade Matematika Nasional
•Universitas Andalas
•Universitas Negeri Padang
•Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang ( Tuan Rumah, Dan Diikuti Juga Oleh Peserta Jurusan Tadris Fisika,Sistem Informasi)
•Universitas Islam Negeri Yunus Batu Sangkar
•Universitas Mummadiyah Sumatera Barat
•Universitas Adzkia
•Universitas Taman Siswa
•Univeritas Dharma Andalas

Wartawan : Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *