UKM Mapala Alpichanameru Lakukan Tes Fisik Bagi Calon Anggota Baru

Padang (DKTV)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Alpichanameru Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, lakukan penerapan tes fisik bagi calon anggota baru. Guna dapat mengetahui  potensi calon anggota ketika berada di lapangan (08/10). Kegiatan yang berlangsung di Sungai Bangek, sekitaran Gedung J kampus lll UIN IB Padang.

Koordinator Lapangan (Korlap) Open Rekrutmen (OR) UKM Mapala Alpichanameru Alhadi mengatakan, kegiatan tes fisik calon anggota muda merupakan langkah awal dari dalam berproses di UKM Mapala Alpichanameru. 

Lanjutnya, kemudian dilakukan tes akademik, wawancara mengenai kemapalaan, pengetahuan umum, dan tidak meninggalkan ciri khas mahasiswa UIN,  dalam  mewawancarai tentang keagaamaan.

Kegiatan ini bertujuan kesanggupan calon anggota ketika telah menjadi bagian dari keluarga UKM Mapala Alpichanameru. Tentunya Ini sudah menjadi ketentuan diterapkan dari tahun ke tahun, setiap penerimaan anggota baru. 

“Kegiatan ini merupakan salah satu syarat untuk menjadi anggota mapala,” ungkapnya pada saat wawancara via online oleh tim DKTV.

Lanjutnya, sebanyak 43 peserta yang mengikuti kegiatan dari 78 orang mendaftar. Nantinya akan dilakukan gelombang kedua bagi yang belum bisa hadir pada kegiatan ini. “Sisanya akan menyusul di gelombang selanjutnya,” sambungnya. 

Selanjutnya, peserta akan mengikuti Ruangan Pendidikan Dasar Cinta Alam (PDCA) dan PDCA Lapangan. Lalu disambung, dengan kegiatan praktek atau terjun ke lapangan.

Alhadi berharap, semoga calon anggota tetap semangat dalam melanjutkan proses hingga akhirnya dilantik. Sebagai keanggotaan di Mapala dan ikut serta berkontribusi dalam pelestarian lingkungan khususnya kampus lll UIN Imam Bonjol.

Senada dengan itu, salah satu peserta Duratun Mukadis menanggapi, bahwa acara sangat menarik, dengan mendapatkan Ilmu yang bermanfaat terhadap pecinta alam, penikmat alam, dan penggiat alam. 

Lanjutnya, serta dalam berkeinginan lebih menjaga lingkungan karena lingkungan yang besar pengaruhnya terhadap manusia dan mendapatkan relasi atau teman baru.

“Walaupun lumayan letih juga karena banyak  tes fisi nya, jadi sampe sekarang sakit-sakit badan,” ungkap salah satu mahasiswa Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI).

Kedepannya semoga lebih meriah, maka diperbanyak hiburannya. “karena tadi tu seperti biasa aja, kalau bisa besok-besok nya ada games nya atau hiburan gitu”, sambungnya.

Mukadis berharap, semoga kedepannya lebih meriah acaranya, lebih banyak peminatnya, serta lebih baik kedepannya.

Sementara itu, salah satu peserta OR UKM Mapala Alpichanameru Latifa Hanum Attira mengatakan, kegiatan yang cukup melelahkan namun mendapatkan ilmu baru serta relasi pertemanan.

“Tentunya cape ya, apalagi buat yang jarang jarang olahraga, badan letih, mulai dari tangan smpai kaki,” ungkapnya pada saat wawancara via online oleh tim DKTV. 

“Akan tetapi seru dan menyenangkan serta mendapatkan ilmu baru sedikit bnyak nya, terus banyak dapet temen baru, juga solidnya yang kerasa banget, pada saling bantu sama lain,” sambungnya.

Lanjutnya, ilmu yang didapatkan salah satunya tentang korelasi mapala dengan agama Islam, yang diterapkan padates tulis dan wawancara.

Hanum berharap, semoga semua kegiatan Mapala Alpichanameru berjalan dengan lancar, semakin sukses, dan tetap menanamkan nilai nilai agama Islam disetiap kegiatannya.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis  

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *