Gelar Wisuda Akbar, Perkuliahan Dialihkan Dalam Jaringan

Padang (DKTV)

Wakil Rektor bidang akademik dan kelembagaan Yasrul Huda mengeluarkan surat edaran pada Selasa (17/10/2023). Tertuang dalam surat, mengintruksikan kepada Dekan setiap Fakultas agar mengalihkan perkuliahan secara online atau dalam jaringan (Daring). Hal itu dikarenakan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menggelar acara wisuda ke-90 yang dilaksanakan selama empat hari.

Yasrul Huda akrab disapa udo mengatakan, wisuda kali ini dilaksanakan selama empat hari, karena mengingat jumlah mahasiswa yang wisuda sebanyak 1837 orang. “Hal itu juga berguna agar saat wisuda berlangsung, orang tua dapat hadir dan masuk di dalam ruangan, ayah dan ibu,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, dalam satu hari akan ada 500 wisudawan dan wisudawati dan sekitar 2.000 atau 3.000 orang yang hadir di kampus saat berlangsungnya acara wisuda. Oleh karena itu perkuliahan dialihkan ke sistem online.

“Jika perkuliahan tetap berjalan seperti biasa, maka ada sekitar 10.000 orang yang akan memadati kampus. Maka dari itu, saya meminta kepada dosen-dosen yang mengajar agar melaksanakan kuliah secara online,” ucapnya.

Lanjutnya, wisuda tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yang mana tahun ini kedua orang tua diperbolehkan masuk kedalam ruangan wisuda. Nantinya setiap Fakultas akan melaksanakan wisuda di Gedung J, kampus lll UIN IB Padang, termasuk Fakultas Tarbiyah dan Keguruan serta Pascasarjana.

Udo juga menyampaikan, pelaksanaan hari pertama ialah Fakultas Syari’ah dan Pascasarjana. Kemudian hari kedua, Fakultas Adab dan Humaniora, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) dan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek). Lalu hari ketiga, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) dan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), dan hari terakhir Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Lanjutnya, mahasiswa yang terlibat dalam proses wisuda akan diberikan surat izin kepada dosen yang mengajar. Sekiranya mereka (mahasiswa) diizinkan untuk tidak mengikuti kuliah, agar mereka fokus mengikuti proses wisuda.

Disamping itu udo juga menyampaikan, untuk parkiran kendaraan nantinya akan diatur oleh satpam dan gedung perpustakaan dialihkan untuk tempat shalat. Diperkirakan jadwal wisuda bisa selesai sebelum shalat Zuhur, karena peserta 500 orang tidak banyak seperti biasanya. Sebelum itu, wisudawan dan wisudawati akan melakukan gladi resik, yang dilakukan pada hari Rabu dan Kamis, pagi dan siang oleh setiap Fakultas.

Udo berharap, semoga acara wisuda kali ini berjalan dengan sukses. Tentunya dengan dukungan setiap elemen kampus, kolaborasi mahasiswa, dosen, tenaga pendidik, seluruh wisudawan wisudawati, orang tua, tamu serta yang lainnya, dalam menaati regulasi yang ditetapkan. (Amf)

Wartawan: Afifah Mardiah Zahra dan Ameria Handayani

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *