Tim Keamanan Ambil Peran Penting pada Wisuda ke-90

Padang (DKTV)

Sebanyak 45 personil Satuan Pengamanan (Satpam) dan 26 personil dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa), dikerahkan untuk menjaga keamanan dan kelancaran selama wisuda ke-90 Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang yang akan berlangsung selama empat hari. Selain satpam, ada kepolisian dan juga dibantu oleh tentara.

Selain menjaga keaman wisuda, prioritas dari tim keamanan UIN IB Padang juga akan mengatur jalannya transportasi. Guna melancarkan arus lalu lintas bagi para tamu undangan dan keluarga dari wisudawan wisudawati yang menghadiri wisuda ke-90 ini.

Kelancaran lalu lintas menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Untuk mencegah terjadinya kemacetan pada jalan menuju kampus, maka dilakukan rekayasa jalan menjadi satu jalur, yaitu satu pintu masuk dan satu pintu keluar.

Menanggapi hal itu, salah satu tim pengamanan dari satpam UIN IB Padang Ichsan Hayu Febrian mengatakan, untuk kendala di hari pertama ini belum ada. “Wisuda hari pertama masih dalam keadaan aman dan terkendali,” ujarnya.

lanjutnya, untuk wisuda hari selanjutnya tidak ada penambahan anggota, karena sudah banyak anggota yang diturunkan diluar kepolisian dan tentara.

Ichsan berharap, semoga acara wisuda bisa berjalan dengan lancar dan tentunya keamanan yang tetap terjaga untuk kedepannya.

Senada dengan itu, Wakil Komandan Resimen Mahasiswa (Menwa) Mhd Yusup mengatakan, untuk pembagian tugas dari Menwa terdapat dua anggota di depan gedung J, dan dua anggota menjaga di pintu awal gedung J untuk mengarahkan orang tua maupun wisudawan dan wisudawati.

Tambahnya, terdapat dua pintu yang disediakan yaitu, pintu samping untuk orang tua dan pintu utama untuk wisudawan. Dua orang di pintu depan gedung ditugaskan untuk mengecek undangan, adapun sebanyak empat anggota di dalam gedung J untuk mengatur dan mengarahkan posisi tempat duduk orang tua dan wisudawan.

“Ada sedikit kendala yang berkaitan dengan tamu undangan yang tidak diperbolehkan masuk ke gedung J, tetapi masih tetap masuk ke teras dalam gedung” lanjutnya.

Sambungnya, tidak akan ada penambahan anggota dari Menwa untuk hari selanjutnya, karena dianggap sudah sesuai kebutuhan dan personil.

Yusup berharap, wisuda selanjutnya bisa lebih aman lagi, karena keamanan tidak hanya dari UKM Menwa saja, yang bertugas menjaga keamanan wisuda kali ini juga berasal dari unit kerja kampus yaitu satpam sehingga bisa berkolaborasi lebih baik agar bisa lebih tertib dan lebih aman. “Semoga tidak ada kendala, ataupun kecolongan dan lebih nyaman untuk wisuda kedepannya,” harapnya. (Riq)

Wartawan : Adila Suci Ananda dan Andika

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *