Rektor: Jadilah Guru Profesional yang Siap Menginspirasi

Padang (DKTV)

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik tahun 2023 tercatat jumlah penduduk Indonesia naik 1,05% dari tahun sebelumnya, dengan angka 278,69 juta jiwa. Jumlah total penduduk sebanyak 3,37 juta orang merupakan guru. Kenaikan naik 2,70% dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 3,28 juta orang guru.

Demikian penyampaian amanat Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd dihadapan para wisudawan dan wisudawati Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Selasa, (31/10/2023).

Lanjutnya, bernaung 875.685 orang guru, yang kini jumlah turun 12,89% dibandingkan tahun sebelumnya berjumlah 1.004.162 orang guru. Dengan lahirnya Wisudawan FTK sebagai bentuk masa depan Indonesia dan cerminan bagi Indonesia di masa depan.

Saudara (wisudawan) akan menjadi orang yang berada digarda terdepan. Dalam mewujudkan cita-cita besar bangsa dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Nasib bangsa ini ada ditangan anda.

Sebagai lulusan UIN IB Padang yang disematkan gelar akademik serangkaian nama yang diberikan Ayah dan Bunda, sebuah bukti pengakuan kompetensi keilmuan yang saudara (wisudawan) miliki. Itulah menjadi tanda tangung jawab dipundak telah bertambah.

Rektor menyampaikan, pentingnya mengaji, dan mengkaji ulang ilmu-ilmu tarbiyah dan keguruan pada tingkatan pendidikan selanjutnya. Seperti pendidikan magister, doktor dalam bidang pendidikan.

Lanjutnya, kajian ilmu tarbiyah dan keguruan sangat perlu dijaga, dikokohkan, diperlihara untuk mewujudkan pendidikan berkulitas untuk meningkatkan kesejahteraan. Dengan lulusan yang lahir dari rahim UIN Imam Bonjol Padang merupakan bentuk dari agent of change bagi masyarakat.

“Jadilah guru profesional yang siap menginsprasi pada peserta didik anda kelak,” ungkap Rektor UIN IB saat penyampaian amanat.

Rektor UIN IB sangat berterima kasih kepada seluruh elemen yang bersama-sama merapatkan barisan, dalam mewujudkan lulusan UIN IB yang kompetitif di kancah persaingan global.

Terlebih lagi ucapan terima kasih pada orang tua mahasiswa, dan keluarga yang telah mendukung secara penuh dan sungguh, mendampingi dengan sabar perjalanan panjang mahasiswa menjalani proses pendidikan di kampus. Dengan meyaksikan langsung prosesi pelantikan putra/putri terbaik Bapak/Ibu menjadi seorang sarjana.

“Sampaikan salam kami kepada seluruh keluarga di rumah, sekali lagi selamat mencoba atas segala lelahnya,” ucapnya sambil tersenyum dihadapan pendamping Wisudawan FTK.

Lanjutnya, oleh karena itu, marilah merayakan
pencapaian ini dengan keluarga tercinta. Kemudian besok atau lusa, dalam waktu dekat, ataupun nanti pulanglah ke kampus yang dicintai ini.

“Bangunlah kampus ini, kita rapatkan barisan untuk menegakkan panji-panji pendidikan keagamaan Islam hingga pelosok nagari,” sambung sang prof

Kemudian, rektor menitipkan nama besar UIN UIN dipundak saudara (wisudawan), mari menompangkan harapan besar lembaga dipundak saudara. “Saya yakin, nama itu terus besar dan menjulang tinggi dengan berbagai prestasi yang saudara ukir,” harapnya.

Tahniah, dari segenap pimpinan dan civitas akademika UIN IB Padang. Kepada seluruh wisudawan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang ke-90 tahun 2023, berserta seluruh keluarga yang hadir di dalam ruangan ini.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *