Marmara University Turkey Buka Diri untuk Student Mobility Program

PADANG —- Student Mobility Program (SMP) salah satu program unggulan untuk membawa mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang ke tingkat dunia. Mahasiswa terpilih, yang berprestasi, menguasai bahasa, cakap menulis artikel ilmiah, cakap presentasi, akan diberi kesempatan untuk bersaing ketat mendapatkan tiket ke universitas-universitas terkenal.

Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Prof. Dr.Hj . Martin Kustati, M.Pd menyampaikan kabar, hasil perbincangan dengan pimpinan Marmara University, Turkey membuahkan jalan terang bagi sivitas akademika, untuk itu mahasiswa dan dosen harus menyiapkan diri.

“Melalui perbincangan dengan Istanbul Foundation, diteruskan dengan Marmara University membuka jalan terang untuk kita,” ujar Martin usai bertemu dengan pimpinan Marmara University, bersama Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Welhendri Azwar, S.Ag, M.Si, Ph.D dan Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Keuangan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (Fusa), Dr. Zulfis, MA. Lawatan akan dilanjutkan ke Uskudar University.

“Bentuk kerja samanya, kuliah bersama, penelitian, life skill mahasiswa, pengembangan kewirausahaan mahasiswan dan pengembangan kapasitas tenaga pendidikan, plus international conference,” terang guru besar bidang linguistik ini.

Marmara University merupakan perguruan tinggi yang membuka kerja sama dengan UIN IB Padang, di bidang Islamic Philosphy, Sosial Keagamaan. Termasuk juga Sejarah Peradaban Islam, ” tambah Martin.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Welhendri Azwar, S.Ag, M.Si, Ph.D mengatakan, kerja sama akan dilanjutkan dengan pembicaraan intent dua universitas melalui kedutaan Turkey di Jakarta.

“Program kerjasama dapat dilakukan dalam bentuk Relasi Akademik, dalam bidang kajian Islamic Studies dan pengembangan kapasitas tenaga pendidik dan kependidikan. Kerjasama pengembangan kajian Islamic Studies pada program Pascasarjana,” papar Welhendri.

Secara khusus, juga pengembangan kapasitas masyarakat muslim (mahasiswa muslim) dalam bingkai islam moderat. “Pada diskusi lepas dengan pihak Marmara, kajian islamic kosmologi, living quran, living hadits, sosiologi islam, antropologi islam, sain dan teknologi akan diperbincangkan oleh dua kampus,” jelas Welhendri.

Hal ini sesuai dengan semangat revelation, knowledge dan culture yang diusung UIN Imam Bonjol Padang. “Hal penting adalah, dibukanya kesempatan beasiswa bagi jebolan terbaik kita untuk S2 dan S3 ke kampus ini pada bulan Februari 2024,” tutup Welhendri. (Abdullah Khusairi)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *