Pentingnya Pendidikan Dasar Sebelum Terjun Kelapangan.

Padang (DKTV)

Laksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) sebelum turun kelapangan, itulah tahapan terakhir Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Protokoler dan Pengembangan Diri (PPD) dalam pembentukan karakter, serta menjalin keakraban sebelum pengukuhan.

Dengan terbentuknya karekter bakal calon UKM PPD maka akan menambah wawasan dan ilmu, serta memperkuat keakraban antara calon, panitia dan pengurus UKM PPD.

Setelah itu, bakal calon crew akan dikukuhkan menjadi anggota magang dan mengikuti kegiatan baik di kampus maupun luar kampus sampai menjadi anggota aktif UKM PPD.

Ketua Panitia acara Diksar UKM PPD, Budi Maulana menyampaikan, Diksar merupakan sebuah rangkaian akhir dari sebuah seleksi yang diadakan terhadap Open Rekruitmen (OR) angkatan ke empat.

Lanjutnya, sistem pelaksanaan Diksar memakan waktu selama tiga hari dua malam. Pembukaan dilaksanakan di Aula Mansur Kampus ll. Kemudian, dilanjutkan ke Sungkai Park yang akan diberikan pelatihan baik materi maupun fisik.

Materi akan diberikan alumni, atau dari beberapa orang dan juga pelatihan seperti Out Bon yang akan diberikan kepada peserta nantinya angkatan empat. Meskipun, terkendala dari persiapan diksar dan waktunya dan bakal calon masih kurang mampu untuk mengikuti rangkaian yang adad itahap seleksi ini.

Budi Maulana berharap, semoga bakal calon dapat menyerap ilmu serta menerapkan kedepannya dari diksar yang telah kita dilaksanakan.

“Dapat mengetahui UKM PPD lebih dekat dan menjalin hubungan dengan akrab baik dengan panitia maupun dengan pengurus lainnya,” tutupnya.

Sementara itu, ketua umum UKM PPD Randes Mahardiko menyampaikan, apresiasi tinggi atas acara yang diselenggarakan oleh panitia.

“Memang acara ini dimulai dari masa periode masa kepengurusan sebelumnya. Kemudian dilanjutkan kepada panitia sekarang.”

Lanjutnya, Sebab, ini adalah momentum satu kali dalam setahun disetiap Open Rekrutmen anggota baru UKM PPD. Pada sebelumnya, pendaftaran melalui administrasi kemudian di proses hingga Diksar adalah tahapan terakhir bahwa bakal calon lulus dalam seleksi terakhir yaitu mengikuti Diksar.

Sampai saat ini acara dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Tumbuhnya nilai nilai bersifat positif seperti, ilmu secara material kepada bakal calon anggota baik dari panitia maupun pengurus sampai materi yang diberikan.

Ia juga menyampaikan, walaupun terkendala dari salah persiapan disegi perlengkapan. “Mungkin sedikit juga mis komunikasi antar panitia, tapi saya lihat dia melewati itu dengan kedewasaan nampaknya. Alhamdulillah sampai sekarang masih aman aja,”ungkapnya salah satu Mahasiswa Fakultas Syariah.

Randes berharap, agar Diksar PPD terus menjadi budaya yang berkelanjutan.

“Walaupun saya bukan ketum lagi nanti, akan tetapi ini tetap juga berlanjut. Karena ini saya rasa penting dilaksanakan di organisasi terutamanya UKM PPD ini,” tutupnya.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis dan Findi Permana

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *