Selamatkan Jiwa Melalui Darah, Kolaborasi UTD PMI Kota Padang dan KSR PMI UIN IB Gelar Kegiatan Donor Darah

Padang (DKTV)

Selamatkan jiwa melalui darah, itulah peran penting dari donor darah. Tidak lama lagi, Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Padang berkolaborasi dengan Korps Sukarela (KSR) PMI UIN Imam Bonjol Padang akan menggelar kegiatan donor darah.

Pentingnya membantu sesama dan meningkatkan jiwa kemanusiaan. Lalu, mengurangi resiko penyakit jantung, kanker, memperbarui sel-sel darah, melancarkan sirkulasi darah serta bisa meningkatkan kesehatan mental dan jiwa.

Tidak kalah pentingnya, donor darah bisa menyelamatkan nyawa orang yang mengalami kekurangan darah seperti gejala anemia, talasemia, hemofilia, hingga leukemi. Terlebih lagi, kondisi yang sangat memerlukan darah tambahan.

Oleh karena itu, perlunya pelaksanaan kegiatan donor darah dalam membantu manusia bagi yang membutuhkan.

Salah satu pengurus bidang OPM sekaligus panitia acara DD Salsabila Azzahra menyampaikan, kegiatan donor darah yang diadakan KRS PMI merupakan kegiatan rutin tahunan kepengurusan baru.

Lanjutnya, pelaksanaan donor darah tidak dikenakan pemungutan darah bagi pendonor. Akan tetapi, 50 pendonor darah akan mendapatkan benefit sertifikat, ganci dan stiker.

Meskipun terkendala dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengantaran surat hingga adanya miss komunikasi dengan pihak OTD.

Ia juga menyampaikan, darah akan distribusikan dibeberapa rumah sakit yang ada dikota Padang, yang bertujuan memenuhi stok darah yang ada di rumah sakit yang merupakan tujuan penting dari kegiatan kemanusiaan ini.

“Sebagai relawan memang harus melakukan kegiatan kemanusiaan dengan tujuan untuk dapat mendistribusikan darah ke rumah sakit yang kekurangan darah,” ucapnya kepada wartawan DKTV.

Lanjutnya, sebagai pendonor darah tidak bisa dilakukan sembarangan orang. Sebab, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi yaitu berusia minimal 17 tahun, berat badan minimal 46 KG, tidak memiliki riwayat penyakit serius, bagi wanita tidak sedang menstruasi, tidak sedang hamil dan tidak sedang menyusui.

Salsabila berharap, semoga nantinya kegiatan dapat berjalan dengan lancar, dan dapat menarik banyak orang untuk mengikuti kegiatan kemanusiaan ini.

“Jadi dengan mendonorkan darah ini dengan setetes darah dapat membantu banyak orang yang membutuhkan,” tutupnya.

Terdapat jadwal dan tempat pendonoran darah :

  1. Tanggal 27 dan 28 November di Kampus ll, Aula Mansur UIN IB Padang.
  2. Tanggal 1 dan 2 Desember di Kampus lll, Gedung J UIN IB Padang.
  3. Tanggal 10 Desember di Gor Agus Salim pada saat Car Free Day.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *