Cuaca Tentukan Harga Cabai Pedagang Pasar Raya

Padang (DKTV)

Menuju awal Desember 2023 diketahui harga cabai merah dan hijau mengalami naik dan turun. Hal ini tergantung pasokan cabai yang dijual oleh pedagang. Berdasarkan pantauan wartawan DKTV, harga cabai merah rata-rata sampai Rp. 70 ribu per Kilogram (Kg) Samping itu, harga cabai hijau sampai Rp.56 Ribu per Kg. (26/11/2023).

Sebelumnya, harga cabai merah mencapai Rp. 85 ribu per Kg dan cabai hijau mencapai Rp. 60 ribu per Kg, Penyebab kenaikan ini dikarenakan pasokan cabai mengalami penurunan, yang disebabkan oleh keadaan cuaca.

Salah seorang pedagang sembako Romi menyebutkan, faktor utama ialah cuaca yang menentukan kualitas dan pasokan cabai. Sebab, ketika hari hujan membuat petani berhalangan untuk memanen. Tentunya, hal tersebut berefek pada pasokan pedagang sembako.

“Faktor utama ialah cuaca beresiko pada Kualitas dan banyaknya pasokan barang. Hari hujan tidak bisa panen, panen kurang otomatis pasokan kurang,” ucap kepada wartawan DKTV.

Lanjutnya, saat ini kondisi cabai merah sedang turun dengan kondisi cuaca bagus. Cabai merah berasal Bukittinggi kini seharga Rp. 65 ribu per Kg berbanding dengan sebelumnya sampai harga Rp. 80 per Kg.

Sedangkan, cabai merah dari Aceh sekarang seharga Rp. 70 ribu per Kg, lebih murah dibanding sebelum Rp. 80 per Kg.

Disamping itu, Romi juga menyebutkan, bahwasanya kondisi pedagang saat ini tidak terlepas dari Petani yang mengalami kesusahan baik pupuk dan kondisi cuaca.

Pedangan lainnya Anto menyebutkan, harga cabai bisa dilihat dari kondisi pasokan cabai yang dijual oleh pedagang di pasar.

“Kok banyak pasokan lado, lai murah nyo. Tuh, kok susah atau saketek pasokan, maha jadinyo,” ucapnya kepada wartawan DKTV

Akan tetapi berbeda dengan pedagang sembako Epi yang menerapkan harga cabai yang sama yaitu, cabai merah Rp.80 ribu per kilogram dengan sebelumnya Rp. 76 ribu.

Lalu, cabai merah dari Aceh 70 ribu per kilogram sebelumnya Rp. 40 ribu per Kg Namun, cabai hijau Rp. 56 ribu per kilogram yang awalnya Rp. 42 ribu per Kg.

Ia juga menyebutkan, harga cabai tergantung dari pasokan cabai yang dari pedagang. Semoga kondisi cuaca tetap stabil dan tidak membuat berhalangnya panen petani.

Wartawan: irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *