Kukuhkan 6 Guru Besar, UIN IB Punya 19 Guru Besar

Padang (DKTV)

Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang mengukuhkan enam guru besar dalam rapat senat terbuka di Kampus lll UIN IB Gedung J, pada Senin 27 November 2023.

Rektor UIN IB Padang Martin Kustati menyampaikan, dengan dikukuhkannya guru besar pada hari ini maka UIN IB akan memperoleh 19 guru besar aktif di UIN Imam Bonjol Padang. Sepanjang tahun 2023 tercatat pencapaian tujuh orang guru besar, hingga pada hari ini dikukuhkan enam orang guru besar.

“UIN Imam Bonjol memperoleh capaian tujuh orang guru besar dan pada hari ini, enam orang guru besar sekaligus dikukuhkan. Maka lengkap sudah 19 guru besar aktif di UIN Imam Bonjol Padang,” ungkapnya dihadapan para tamu undangan.

Lanjutnya, tidak terlepas terimakasih kepada berbagai pihak, elemen, orang dalam proses panjang perjalanan akademik. Tentunya mempunyai nilai penting dengan lahirnya guru besar di perguruan tinggi.

“Saya sebagai Rektor UIN Imam Bonjol Padang mengucapkan terima kasih, atas seluruh dukungan dan paratisipasi Bapak/Ibu semua,” sambung sang Rektor.

Dengan lahir guru besar di perguruan tinggi akan mewarnai peta jalan pengembangan keilmuan, dan riset. Momentum ini akan menjadi epicentrum dalam berbagai kajian pengembangan keilmuan serta berkontribusi, tidak hanya bagi UIN IB sebagai institusi pendidikan.

Akan tetapi sebagai institusi pendidikan, kehadiranya akan memberikan kontribusi dan mengemban tangung jawab di tengah-tengah masyarakat dalam menebar jangkar-jangkar pengabdian.

Rektor UIN IB meyakini guru besar adalah orang yang mempunyai semangat para penjuang, dan bersikap istiqomah dalam menebar jangkar-jangkar pengabdian.

Martin juga mengucapkan, terimakasih atas dukungan dalam mendampingi perjalanan panjang akademik para guru besar hingga hari ini dikukuhkan dalam jabatan fungsional dosen tingkatan tertinggi yakni Guru Besar.

Lanjutnya, tidak terlepas dari keluarga tercinta menjadi kunci penting dosen dalam menapaki karir profesionalnya. Hal ini merupakan faktor penting dalam mendapatkan gelar Guru Besar.

Martin berharap, semoga tahun selanjutnya akan terus lahir guru besar yang baru sesuai dengan program studi yang ada di UIN Imam Bonjol Padang. Maka dari itu, dapat memperkaya pengembangan khazanah keilmuan di UIN Imam Bonjol Padang.

Pengukuhan langsung dipimpin langsung Ketua Senat UIN IB Prof. Dr. Duski Samad, M.Ag. Dalam kesempatan yang sama Duski Samad menyampaikan, semoga ilmu yang didapatkan dapat bermanfaat bagi kemajuan agama, bangsa dan negara. Terlebih lagi, UIN IB Padang yang sejalan dengan visi dan misi menjadi universitas yang kompetitif di asean tahun 2037.

Adapun daftar para Guru Besar yang dikukuhkan sebagai berikut:

  1. Prof. Nurus Shalihin, M.si., P.h
    sebagai guru besar dalam bidang ilmu sosiologi.
  2. Prof. Dr. Remiswal, M. Pd
    sebagai guru besar dalam bidang ilmu pendidikan.
  3. Prof. Dr. Hj. Irta Sulastri, M.si
    sebagai Guru Besar dalam bIdang Ilmu komunikasi.
  4. Prof. Dr. H. Ikhwan, Sh., Mh
    sebagai guru besar dalam bidang hukum islam.
  5. Prof. Dr. Muchlis Bahar, M.ag
    sebagai guru besar dalam bidang ilmu ushul fiqih.
  6. Prof. Dr. Bukhori
    sebagai guru besar dalam bidang ilmu dakwah.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *