Akhir Desember Akan Digelar Perlombaan Panjat Tebing Tingkat Sumatra Barat 

Padang (DKTV)

Sebagai wadah bagi mahasiswa atau pelajar dan generasi muda, khususnya di Sumatera Barat (Sumbar) dalam bidang olahraga panjat tebing. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Panjat Tebing Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang akan mengadakan lomba panjat tebing se-Sumbar.

Pendaftaran dibuka dari tanggal 1-21 Desember 2023, dan lomba akan berlangsung pada tanggal 23 Desember, yang berlokasi di Venue Wall UIN IB. Dengan insert Rp.50.000,00 per kategori. 

Lomba ini diadakan untuk memperkenalkan UKM panjat tebing kepada masyarakat dan meningkatkan motivasi para atlet, dengan menjadikan hasil kompetisi sebagai bahan evaluasi untuk latihan kedepannya.

“Dengan begitu atlet tersebut bisa menjadi profesional dan dapat bertanding di kancah daerah, regional, nasional maupun internasional nantinya,” ucap Ziqwan Rivaldo Tamel selaku Ketua Umum dan tim teknis UKM panjat tebing.

Adapun penilaian dari perlombaan ini yaitu atlet yang masuk ke babak selanjutnya adalah atlet yang memperoleh waktu yang lebih cepat ketika berpacu bersama lawan tanding. “Tahapannya itu ada atlet melakukan practice, babak qualifikasi, semi final, dan yang terakhir babak final, dengan total akhir 19 pemenang nantinya ” ungkapnya.

Lanjutnya, yang menjadi peserta merupakan masyarakat umum, mahasiswa dan pelajar se-Sumbar, yang memiliki minat dan bakat pada olahraga panjat tebing. Bagi mahasiswa dan pelajar diminta untuk menunjukkan kartu pelajar atau Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) ketika mendaftar.

Lomba ini akan menjadi salah satu program kerja (proker) UKM panjat tebing yang terus dilakukan pada tahun-tahun berikutnya, dan untuk tahun selanjutnya UKM panjat tebing akan mengadakan kejuaraan tingkat nasional, tambahnya.

“Semoga kompetisi ini lancar, sehingga untuk kedepannya kita lebih gampang untuk melanjutkan kompetisi ini ke skala yang lebih besar,” harapnya.

Senada dengan itu, Pin Pin Ahmad Utama selaku ketua harian UKM panjat tebing mengatakan, lomba ini diadakan sebagai sarana dalam penyaluran potensi generasi muda kearah yang positif, serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) atlet panjat tebing dalam berprestasi ditingkat Daerah.

Menciptatakan atlet-atlet yang berpotensial yang nantinya bisa turun dikejuaraan yang lebih tinggi dan untuk mempererat tali persaudaraan seluruh penggiat panjat tebing se-Sumbar.“Jika lomba yg kami adakan sukses, kami berencana akan mengadakan lomba tingkat nasional,” ucapnya.

Pin Pin berharap, semoga kejuaraan ini bisa sukses terlaksana tanpa hambatan. (Riq)

Wartawan : Annisa Mardiah Fajrika

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *