Wujudkan Pemilu Yang Bersih Melalui Seminar Nasional

Padang (DKTV)

Sebagai langkah baru untuk lebih cerdas agar tidak Golongan Putih (Golput) dan lebih bisa memahami siapa yang akan menjadi era baru dari kehidupan bangsa Indonesia. Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Syari’ah (FS) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang melaksanakan seminar nasional pada Sabtu (02/12/2023).

Dengan bertemakan “Embraching the new era of student : the future is now!” seminar ini diadakan untuk mahasiswa UIN IB agar lebih paham menghadapi pemilu serentak nantinya.

Bahwasanya urgensi dan mahasiswa berperan aktif dipesta demokrasi politik 2024, dan besar harapan karena mahasiswa itu 50% sebagai pemilih aktif dipemilu yang akan datang. “Itu perlu di sosialisasikan, agar teman-teman mahasiswa kembali merangkul era mahasiswa itu,” ucap Rainal Oktafiari selaku ketua panitia.

Pendaftaran seminar ini sudah dibuka dari 1 minggu sebelum seminar dilaksanakan, dengan peserta seluruh mahasiswa UIN IB, bukan hanya dari syariah saja, ketua Ormawa maupun ketua UKM juga turut diundang.

“Kendala bisa ditutupi dengan semangat panitia dan didampingi Dema dengan 1 bulan proses sehingga acara ini bisa berlangsung,” tambahnya.

“Seminar ini baru diadakan pada tahun ini, semoga bisa dilanjutkan regenerasi Dema FS ditahun-tahun berikutnya,” harapnya.

Senada dengan itu, Irana Dewi Sinaga mengatakan, seminar ini sudah cukup baik karena mulai dari awal sampai waktu pelaksanaan, tidak terdapat kendala yang begitu berarti.

“Kendala dari awal pembentukan panitia adalah kurangnya kesadaran untuk datang menghadiri rapat,” tambahnya.

Irana berharap, agar seminar ini menjadi motivasi bagi teman-teman diluar sana bahwasanya membuat acara itu menyenangkan, tidak harus memakai otot melainkan bisa menggunakan otak. “Tingkatkan lagi kekompakan bagi panitia-panitia pada acara berikutnya,” harapnya. (Riq)

Wartawan: Friciela Syahrani dan Annisa Mardiah Fajrika

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *