Ilya Husnah: Pidato Bahasa Arab Sebagai Bentuk Kecintaan Terhadap Bahasa Arab

Padang (DKTV)

Banyak mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam bidang pidato, salah satunya pidato bahasa arab. Dalam rangka perayaan hari Internasional Bahasa Arab, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bahasa dan Sastra Arab (BSA) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang, menggelar Lomba Pidato Bahasa Arab pada Yaumul Arabiy Festival Timur Tengah, Sabtu (16/12/2023).

Ilya Husnah selaku juri mengatakan, acara ini merupakan salah satu kreativitas mahasiswa BSA terhadap perayaan hari Internasional Bahasa Arab, sebagai unjuk kecintaan terhadap Bahasa Arab.

Terdapat 5 aspek penilaian dalam lomba ini, ada mimik wajah penyampaian materi, keindahan bahasa, vokal, kostum dan penguasaan materi. “Karena peserta menggunakan hard copy, apakah sesuai materi yang disampaikan dengan konsep dan tema besar yang diberikan panitia,” ucapnya.

“Sedikit kritik, kurangnya koordinasi dari panitia karena tidak ada penanggung jawab untuk menghubungi masing-masing juri, sehingga informasinya tumpang tindih,” tambahnya.

Ilya berharap, semoga acara ini dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa terhadap Bahasa Arab dan kecintaan terhadap Bahasa Arab.

Senada dengan itu Fathiyah Ikhsani Siregar selaku peserta mengatakan, lomba pidato ini sangat mendukung bakat-bakat yang terdapat pada mahasiswa UIN IB Padang.

“Apalagi kebanyakan dari kita adalah alumni pondok pesantren dan bahasa arab sudah menjadi bahasa keseharian,” ucapnya.

Kendala dalam mengikuti lomba ini adalah pergantian tema yang mendadak dan persiapan Ujian Akhir Semester (UAS) yang membuat kurang matangnya persiapan untuk lomba.

Fathiyah berharap, untuk bisa meningkatkan bakat mahasiswa semoga lomba ini tetap berlangsung ditahun-tahun berikutnya.

Wartawan : Lara Resti Zea (Mg) Nur Azizah (Mg) Annisa Mardiah Fajrika

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *