Pop Solo Islami Salah Satu Cara Dalam Mengasah Kemampuan Mahasiswa Dalam Bernyanyi

Padang (DKTV)
Dalam rangka menguatkan ukhwah islamiyah dan mempererat tali silaturahmi serta mengasah kemampuan mahasiswa dalam bernyanyi terutama lagu religi, Fakultas Adab dan Humaniora, Prodi Bahasa dan Sastra Arab adakan Yaumul Arabi dengan beberapa cabang lomba salah satunya Pop Solo Islami.(16/12]

Koordinator Penanggung Jawab Pop Solo Islami Novia menyampaikan, kegiatan yang bertujuan untuk menguatkan ukhuwah islamiyah dan mempererat tali silahturahmi. Sebab, peserta tidak hanya dari UIN. Akan tetapi juga ada dari luar. Maka dari itu, peserta yang mengikuti lomba pop solo Islami ini sebanyak 20 orang.

Akan tetapi, terdapat beberapa kendala seperti Uijian Akhir Semester (UAS), hingga yang mengikuti hanya 13 orang. ” Awalnya yang mengikuti lomba pop solo Islami ini berjumlah 20 orang. Kemudian, menjadi 11 orang karena berhalangan hadir untuk mengikuti UAS, dan kebanyakan diikuti oleh mahasiswa luar kampus, dimana 8 orang dari luar dan 3 dari mahasiswa UIN IB,” ucapnya kepada wartawan DKTV.

Lanjutnya, panitia telah melakukan persiapan dari jauh-jauh hari. Dengan ketentuan perlombaan berupa instrumen yang sudah di kirim oleh peserta. Lima hari sebelum perlombaan dan memakai almet dari kampus masing-masing dalam lomba ini. Dapat dilihat artikulasi vocale dan penghayatan terhadap lagunya.

Meskipun, diundur pada awalnya tanggal 4,5 dan 6 hingga menjadi tanggal 15, 16& 17. Namun, untuk juri karena acara diundur yang menyebabkan mahasiswa dari UIN IB yang menjadi jurinya. Hanya saja, terkendala dari acara berupa kesalahan teknis.

“Dimana instrumennya tidak dapat dimainkan dan ditayangkan, karena kendala jaringannya yang tiba-tiba hilang!,” sambung salah satu mahasiswa Prodi sastra dan bahasa arab itu.

Novia berharap, semoga perlombaan pop solo Islami dapat melatih mental dengan mengikuti perlombaan dan semoga dapat berjalan dengan lancar. Walaupun, banyak kendala yang ada selama perlombaan

Senada dengan itu, salah satu peserta dari Universitas Muhammadiah Sumatera Barat Mutiara Fadilla menanggapi bahwasanya kegiatan ini dapat mengasah kemampuan. Dengan persiapan latihan secara maksimal. Walaupun, gugup karena pertama kali mengkuti perlombaan ini. Akan tetapi, pada saat penampilan adanya kesalahan dari sound. Namun dapat diatasi dengan baik oleh pihak panitia.

Berbeda halnya, dengan salah satu peserta dari Universitas Negeri Padang (UNP) Tiara Aulia Putri menyampaikan, dengan diadakannya kegiatan ini Yaumul Arabiy. Tentunya, sangat berguna sekali bagi mahasiswa. Sebab, bisa mengenalkan lagu-lagu pop islami.

Menurutnya, tidak ada kendala selama kegiatan. Karena sebelumnya juga pernah mengikuti acara-acara seperti ini. Persiapan hanya cukup dengan melatih vokal seperti perlombaan sebelumnya.

Semoga pelaksanaan acara dapat berjalan sukses, hingga dipenghujung acara.

Wartawan: Syifa Agesti (Mg), Nisa Surya dan Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *