Fakta Unik dibalik Kota Makkah Al-Mukarramah

Kepala bersujud, mata menangis, mulut bertasbih, tangan meminta, kaki berjalan mengelilingi Ka’bah. Itulah Makkah Al-Mukarramah, tempat yang didatangi miliaran kaum muslimin dari seluruh penjuru dunia setiap tahunnya. Tempat dimana tiada memandang fisik baik yang buta, tuli, bahkan cacat sekalipun semuanya bersujud kepada Allah SWT.

Makkah Al Mukaromah adalah tempat dimana seluruh kaum muslimin di penjuru dunia melaksanakan ibadah haji dan umrah. Dengan segala bentuk kemegahan dan keagungan Makkah Al-Mukarramah, banyak fakta-fakta unik yang terungkap dari tanah suci kota Mekkah ini.

1. Pertemuan Umat Muslim Terbesar di Dunia

Rukun Islam yang di perintahkan dalam agama Islam salah satunya adalah menunaikan ibadah haji dan umrah. Tentunya dalam menyempurnakan rukun Islam yang ke lima umat muslim seluruh dunia akan berbondong-bondong dalam menunaikan ibadah haji dan umrah bagi mereka yang sudah mampu secara jasmani dan rohani. dilansir dari detik.com data jemaah haji pada tahun 2023 mencapai 1,8 Juta yang di isi oleh jamaah haji Indonesia berjumlah 229.000 orang.

Dari laman web databoks.katadata.co.id hasil angka jemaah Indonesia tersebut diklaim oleh Duta Besar Indonesia Abdul Aziz Ahmad merupakan kuota terbesar sepanjang sejarah Indonesia.

“Indonesia mengirim jamaah haji terbanyak pada tahun 1444/2023 ini, yaitu total 229.000 orang. Jumlah ini adalah jumlah jamaah haji Indonesia terbesar sepanjang sejarah,” ujar Abdul Aziz Ahmad dikutip dari Kompas.com, Rabu (24/5/2023).

Disamping itu, dari data yang dimuat oleh saudinesia.id jema’ah umroh Indonesia tahun 2023 berjumlah 780.000. Dengan jumlah demikian Indonesia mendapat peringkat pertama di dunia. Sedangkan, dibawahnya Indonesia disusul dengan negara Pakistan yang berjumlah 590.000 orang.

Dari data tersebut lahirlah catatan pertemuan umat muslim yang terbesar di dunia di Makkah Al Mukaromah yang Tidak lain adalah di isi oleh berbagai umat muslim dari benua Asia, Afrika, Eropa dan lainnya.

2. Gedung Zam-zam Tower Tertinggi Ketiga

Dikutip juga dari travel.detik.com, Zam zam tower merupakan menara tertinggi ketiga di dunia yang berukuran tinggi 601 meter. Terdapat 76 lantai dan 858 kamar. Dengan perolehan tinggi tersebut dapat mengalahkan ketinggian The Big Ben London. Sebab, Zam-zam tower 35 kali lebih besar dibandingkan dengan Big Ben.

Tidak hanya, Zam-zam tower sering disebut sebagai ikon kota Makkah yang dapat terlihat di penjuru kota. Terlebih lagi, fasilitas yang telah disediakan kepada jama’ah maupun wisatawan.

Pada malam hari, jam akan memaparkan cahaya yang berkilau di malam hari dengan jutaan LED dan 26 lampu sorot yang kuat dari atas, alhasil dapat menerangi langit setinggi 10 kilometer

3. Tradisi

Keberagaman ke indahan dan keagungan Makkah Al-Mukarramah juga meliputi tradisi masyarakatnya. Ketika adzan berkumandang semua aktivitas dihentikan. Banyak kaum muslimin berbondong-bondong menuju perkarangan Masjidil Al-haram. Termasuk pedagang di dalam mall maupun diluar, pedagang tersebut akan menghentikan kegiatan dengan mematikan lampu. Kemudian, membentang sajadah di depan tokonya.

Tidak terlepas jama’ah lainnya yang membentang sajadah di jalan, depan WC, bahkan depan sampai dalam hotel. Selagi tempat itu suci dan tidak melanggar syariat. Maka kaum muslimin melaksanakan shalat secara berjamaah dengan mengikuti Imam Masjidil Al-haram.

4. Lautan Manusia

Didatangi tamu dari seluruh penjuru dunia pastinya bukan sesuatu yang biasa, di Mekkah Al-Mukarramah pemandangan lautan manusia dapat dilihat setiap saat, istilah lautan manusia terjadi karena padatnya kaum muslimin dari dalam masjid al-haram bahkan luar dari berbagai tempat. Selepas melaksanakan shalat umat muslim membentuk lautan yang berjalan menuju tujuannya masing-masing. (Bagaikan air yang mengalir)

5. Lantai Dasar Masjid Alharam Hanya Bagi Umroh.

Dari fakta di lapangan bagi jama’ah yang tidak menunaikan ibadah umroh, maka tidak diperbolehkan untuk memasuki lantai dasar Masjid Alharam. Tentunya, mengingat padatnya umat muslimin yang melaksanakan ibadah umroh. Serta guna mengurangi kepadatan di lantai dasar

Terlebih laki laki wajib menggunakan pakaian ihram agar dapat melaksanakan umroh di lantai dasar. Jika kedapatan tidak sesuai maka akan dihalangi oleh pihak setempat.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *