Awal Maret Pemkot Pekanbaru Bakal Buka Beasiswa

Pekanbaru (DKTV)

Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru akan membuka peluang bagi mahasiswa berasal dari Kota Pekanbaru. Pada bulan Maret mendatang pendaftaran beasiswa Kota Pekanbary akan dibuka. Dengan tiga kategori beasiswa yakni berprestasi akademik maupun non akademik dan juga kurang mampu.

Jumlah bantuan diberikan sekitar yaitu Rp. 4 Juta kepada program sarjana dan Rp. 3 Juta untuk program D3. Seleksi dilakukan dalam bentuk tahapan administrasi pada bulan April. Lalu, pada bulan Mei akan disalurkan beasiswa kepada mahasiswa yang menerima.

“Insyaallah, Maret sudah mulai kita buka pendaftarannya, April dilakukan seleksi administrasi. Selanjutnya pada Bulan Mei, Insyaallah sudah mulai disalurkan ke mahasiswa penerima bantuan,” ucap kepala bagian kesejahteraan rakyat setdako Pekanbaru, Tri Sepna Saputra S.STP M.SI, dilansir dari iniriau.com

Lanjutnya, Pemko Pekanbaru sudah menerbitkan jadwal dan persyaratan beasiswa tahun 2024. Program ini menghabiskan dana sekitar Rp1,9 miliar. Hal ini dilaksanakan guna meringankan biaya pendidikan dan sebagai bentuk motivasi bagi penerima beasiswa berprestasi serta dari keluarga kurang mampu.

Adapun persyaratan bagi Mahasiswa di bidang Akademik pada Kategori Mahasiswa Berprestasi Tahun 2024 adalah :

  1. Mahasiswa aktif baik Strata 1 (S1) maupun Diploma 3 (DIII) wajib mahasiswa Pekanbaru
  2. Memiliki Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,60.
  3. jenjang strata satu (S1) paling rendah duduk pada semester III (tiga) dan paling tinggi duduk pada semester VII (tujuh).
  4. Jenjang Diploma III (D-III), paling rendah duduk pada semester II (dua) dan paling tinggi duduk pada semester V (lima).
  5. Surat Keterangan Belum Berkeluarga (menikah) dari Kelurahan.
  6. Surat Keterangan Belum Bekerja dari Kelurahan.
  7. Pas Photo 3×4 (3 Lembar) Latar biru.
  8. Surat Keterangan Aktif Kuliah dari Perguruan Tinggi (Asli).
  9. Fotocopy Sertifikat Akreditasi Perguruan Tinggi minimal C.
  10. Fotocopy Sertifikat Akreditasi Program Studi minimal C.
  11. Fotocopy Kartu Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku yang dilegalisir.
  12. Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Pekanbaru.
  13. Fotocopy Kartu Keluarga (KK) Kota Pekanbaru.
  14. Kartu Rencana Studi (KRS) Semester yang diduduki (Asli).
  15. Kartu Hasil Studi Terakhir (Asli).
  16. Transkip Nilai Terakhir (Asli).
  17. Membuat Surat Permohonan (dibubuhi Materai 10.000).
  18. Surat Pernyataan Kesanggupan untuk melaporkan dan mempertanggung jawabkan atas Penggunaan Pemberian Beasiswa(dibubuhi Materai 10.000).
  19. Surat Pernyataan Tidak Menuntut Hasil Seleksi (dibubuhi Materai 10.000).
  20. Surat Pernyataan Tidak Menerima Beasiswa dari pihak lain (dibubuhi Materai 10.000).
  21. Surat Pernyataan Keabsahan Data yang diberikan (dibubuhi Materai 10.000) dan
  22. Fotocopy Rekening Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri Syariah atas nama Pemohon Beasiswa.
  23. PENTING : Siapkan Semua Berkas berformat .jpeg/.jpg/.png/.pdf saat memulai Upload berkas, Ukuran maksimal masing – masing dokumen yang akan di-upload adalah 500 kb.

Akan tetapi, terdapat penambahan bagi mahasiswa pendaftar kategori non akademik yaitu, memiliki prestasi dibidang keolahragaan, keagamaan, atau kesenian. Dengan memiliki bukti berupa mendali, piagam, atau bentuk lainnya dan paling rendah tingkat kabupaten/kota dalam kurun waktu 3 tahunn terakhir.

Sedangkan, kategori mahasiswa kurang mampu. Dengan ditandai membuat surat permohonan (dibubuhi materai 10.000), surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, surat keterangan belum bekerja dari kelurahan, surat keterangan penghasilan orang tua dari RT, dan foto rumah 3 sisi depan, kiri, kanan.

Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar diri bisa melengkapi persyaratan diatas. Penerimaan beasiswa ini dibuka mulai tanggal 1-24 Maret 2024, melalui website resmi Beasiswa Pemerintah Kota Pekanbaru beasiswa.pekanbaru.go.id

Wartawan : Annisa Syafni Nurhasanah (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *