Peran Penting Ormawa Sebagai Wadah Pengembangan Mahasiswa

Padang (DKTV)


Organisasi Mahasiswa (Ormawa) memiliki peran penting dan strategis dalam mengembangkan wadah bagi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang dalam mengembangkan kompetensi, minat, bakat, dan penalaran baik dalam bidang akademik mampun non akademik.

Demikian penyampaian Martin Kustati Rektor UIN Imam Bonjol Padang ketika memberikan sambutan dalam kegiatan Pelantikan Serantak Ormawa selingkup UIN Imam Bonjol Padang. Selasa, (27/02)

Martin Kustati menyampaikan, rasa bangga berdiri di depan para calon pemimpin bangsa di masa depan, yang akan meneruskan tongkat estafet pengelolaan bangsa.

” Saudara-saudara yang akan menjadi Menteri Agama, Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Gubernur Sumatera Barat, dan berbagai jabatan strategis lainnya. Yakinlah masa depan Indonesia ada ditangan saudara-saudara, dari rahim UIN Imam Bonjol Padang akan lahir pemimpin hebat dunia yang akan mengisi dan menwujudkan visi bersama Indonesia Emas 2045,” ucapnya dihadapan Ormawa Periode 2024.

Lanjutnya, pengurus Ormawa merupakan etalase UIN Imam Bonjol Padang sebagai kawah candradimuka UIN Imam Bonjol Padang, yang menjadi corong pada masyarakat, menginformasikan pada masyarakat berbagai aktivitas tridharma perguruan tinggi, dan prestasi akademik UIN Imam Bonjol Padang.

Rekognisi UIN Imam Bonjol Padang pada tingkat Internasional tentu tidak terlepas dari peran strategis organisasi mahasiswa, dan prestasi-prestasi yang diukir dalam berbagai bidang baik dalam bidang olahraga, seni, dan bakat lainnya.

Tahun 2024 UIN Imam Bonjol akan melakukan AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi), diharapkan seluruh elemen untuk merapatkan barisan untuk menuju perguruan tinggi yang unggul. Berbagai prestasi yang sudah diperoleh silahkan dihimpun dalam satu data base yang menjadi track record capaian mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Ucap Martin Kustati.

Lanjutnya, pada tahun 2022 terdapat 17 UKM mahasiswa yang aktif, dan pada tahun 2023 lahir tiga UKM baru yaitu UKM Kaligrafi Islam, UKM DKTV dan UKM Surau Konstitusi.
Melalui 20 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di UIN Imam Bonjol Padang dapat berfungsi menjadi:

  1. Inspiratif (penumbuh inspirasi).
  2. Aspiratif (penyalur aspirasi).
  3. Komparatif (wadah pembanding).
  4. Lokomotif (penggerak semangat).
  5. Kolaboratif (wahana berkolaborasi).
  6. Aktualitatif (tempat aktualisasi diri).

Sehingga energi positif yang kita miliki dapat tersalurkan dijalan benar, dan pada wadah yang tepat.

“Dalam momentum ini Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pembina UKM UIN Imam Bonjol Padang yang telah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga untuk membimbing mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang dalam mengembangkan potensi, minat, dan bakat,” sambungnya

Martin menyampaikan, setelah pelantikan dilakukan agar setiap UKM untuk menyusun berbagai program kegiatan yang dapat menunjang prestasi dan pengembangan potensi pada masing-masing UKM.

“Susunlah peta jalan yang jelas, untuk mencapai prestasi yang gemilang, jadikan UKM ini sebagai wadah, dan ukurlah potensi saudara-saudara dalam berbagai kompetisi yang digelar pada tingkat regional, nasional dan internasional. ” Usulnya.

Disampaikan, Pada tahun 2023 UIN Imam Bonjol Padang sudah menyiapkan kantor-kantor sebagai wadah kegiatan UKM di Kampus III UIN Imam Bonjol Padang yang bertempat di lantai I gedung perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang.

Wartawan : Irvan Mufadhdhal Zulis dan Lara Putri Maryam

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *