Penuh Inovasi, Diklat UKM Sanggar Kaligrafi Al-Aqlam ke-40 Resmi Dibuka

Padang (DKTV)

Anggota baru Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Kaligrafi Al-Aqlam mengikuti Diklat yang ke-2 untuk di jenjang UKM dan ke-40 untuk Sanggar. Berbeda dari tahun sebelumnya, pembukaan Diklat mengalami peningkatan dari segi acara. Sebelumnya hanya secara sederhana bertempat di Masjid, sekarang dilaksanakan di gedung Aula Mansur kampus 2 UIN Imam Bonjol Padang. Adapun tema Diklat yang ke-2/40 bertajuk “Menjadikan tinta dan Kalam sebagai media kreatifitas mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang dalam mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an”.

Terdapat perubahan juga pada program Diklat yang biasanya dilaksanakan hingga satu semester, untuk tahun ini menjadi satu tahun lamanya. Hal tersebut menjadikan angkatan perdana untuk memperpanjang tulisan. Awalnya dalam satu tahun bisa dua angkatan, tetapi mulai tahun ini satu tahun satu angkatan sebagai bentuk apresiasi generasi penulis Al-Qur’an, yang lebih baik.

Ketua panitia Diklat ke-2/40 UKM Sanggar Kaligrafi Al-Aqlam Muhammad Taufik menyampaikan, tujuan acara ini dilaksanakan untuk membuka acara Diklat UKM Kaligrafi 2024, dan acara ini diikuti berbagai macam mahasiswa maupun mahasiswi dari berbagai jurusan.

“Alhamdulillah bisa dilaksanakan di Aula Mansur, kemarin dilaksanakan di Masjid kampus. Tahun ini di Aula Mansur mansur dan inshallah tahun berikut nya di hotel,” ujarnya ketika memberi sambutan.

Taufik berharap, dengan terlaksana nya Diklat makin menambah rasa cinta akan kaligrafi al-aqlam dan Al-Qur’an sebagai ajang silaturahmi antar guru, senior, alumni, pengurus UKM.

Sementara itu, Ketua umum Sanggar Kaligrafi Al-Aqlam yang baru saja terpilih dan dilantik, Mulyana Aprillia ketika sambutan mengatakan, sudah banyak alumni dari kaligrafi Al-Aqlam menumbuhkan prestasi dari jenjang nasional hingga internasional.

Lanjutnya, ia berpesan kepada anggota Diklat ke-2/40 agar berlatih dengan sungguh-sungguh dan serius. Jangan di sia-siakan karena ini adalah kesempatan progres untuk belajar.

“Dari sini nanti kita akan belajar semua tentang kaligrafi. Semoga semangat teman-teman semua bisa sampai akhir,” tuturnya.

Untuk harapan kedepannya Mulyana Aprillia, menginginkan agar bisa menorehkan prestasi, dan juga menjaga Alquran serta tulisan. Para Hafiz menjaga Alquran dengan lisannya, dan Al-Aqlam menjaga Alquran dengan tulisan nya.

Turut memberi sambutan dan membuka kegiatan Diklat, pembina UKM Sanggar Kaligrafi Al-Aqlam, Muhappril Musri mengawali sambutan dengan memperkenalkan senior yang hadir dan berprestasi, di Al-Aqlam kepada Anggota Diklat ke-2/40.

Ia bercerita terkait UKM Sanggar Kaligrafi selain menjadi wadah belajar juga akan berpengaruh untuk masa depan yang cerah mendatang. Telah banyak senior kehidupan nya setelah dari Al-Aqlam tetap berlanjut di dunia kaligrafi.

“karena sudah banyak contohnya, termasuk diri saya sendiri, banyak hal yang yang kita ambil dari keberadaan kaligrafi disamping kita, sebab kita dibutuhkan,” tambahnya.

Lanjutnya, ada 1 pesan firman Allah dalam QS Al Hijr. Artinya Sesungguhnya kami yang akan memelihara, kami yg menurun kan dan kami pula yang memelihara al Qur’an sampai kapan pun, menurut beberapa ahli tafsir kenapa Allah menggunakan kata inna dan nahnu karena Allah SWT menginginkan manusia berupaya dalam bidang apapun dengan cara, Allah mengikutkan Para pembaca, para hafidz Qur’an, para penulis Alquran dalam bentuk potensi dalam bentuk menulis, membaca dan menghafal Alquran.

“Jadi upaya Al-Aqlam untuk memelihara Alquran itu sampai saat dan tidak berhenti melaksanakan pembinaan penulisan suci Alquran, bagaimanapun juga kaderisasi itu baru marak dikembangkan. Didalam Islam setelah Alquran turun kepada Nabi Muhammad Saw, pena dan tinta adalah sebuah penyelamatan bagi orang yang bisa memanfaat kan pena dan tinta maka ia akan mempunyai rezeki yang lancar,” tuturnya.

Oleh karena itu, bagi peserta baru. Ini kesempatan untuk mempraktekkan diri dan menerima sebanyak-banyaknya sebagai bekal untuk hidup.

Muhappril juga menyampaikan apresiasinya terhadap panitia, karena melihat kondisi kegiatan pembukaan kali ini tentunya sudah ada peningkatan dari sebelum nya lebih terstruktur dari sebelumnya.

Diakhir sambutan, Muhappril membahas persiapan dari utusan UKM Sanggar Kaligrafi Al-Aqlam untuk Pekan Seni dan Olahraga (Pesona 2024).

“Saya akan mengusulkan 4 orang ke rektorat untuk mengisi 4 bidang ( dekorasi, naskah, kaligrafi digital, dan lukisan). Karena kabarnya UIN sebagai tuan rumah, maka ini adalah kesempatan untuk anda mendalami kaligrafi dan menjadi utusan peserta,” tutupnya. (Bib)

Wartawan: Shalshabila (Mg) danSyifah Lutfiah Anum (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *