Dema Fakultas Tarbiyah Siapkan Bibit Unggul Untuk PKM Universitas

Padang (DKTV)

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) akan melaksanakan Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Fakultas pada 6 Maret sampai 8 Maret mendatang. Tujuan diadakannya PKM Fakultas sebagai bentuk persiapan dalam melahirkan mahasiswa FTK yang akan berpeluang di PKM Universitas.

Gubernur FTK Zikri Akbar menyampaikan, PKM Fakultas merupakan cara yang tepat dalam melahirkan bibit terbaik untuk kontingen FTK di PKM Universitas mendatang. Bibit terbaik merupakan para pemenang terbaik tingkat Fakultas dari setiap cabang lomba.

“Setelah mengadakan PKM di tingkat Fakultas ini kami akan mengirim para pemenang terbaik tingkat fakultas untuk menuju ke tingkat universitas,” ucapnya dihadapan wartawan DKTV.

Lanjutnya, mahasiswa Fakultas Tarbiyah dapat membuktikan dan bisa meningkatkan skill, wawasan, pengetahuan bahkan kemampuan yang berkaitan dengan lomba-lomba yang dilombakan PKM Fakultas.

Terkait dana akan ada dari kampus atau RKKL. Berkaca pada tahun sebelumnya terdapat sekitar 2 juta anggaran untuk pelaksanaan PKM Fakultas. Akan tetapi, untuk tahun ini belum dipastikan. “Kalau untuk sekarang belum bisa kita pastikan, kalau untuk patokannya kita ngambil dari tahun kemaren, kalau naik alhamdulillah tapi jangan sampai turun lh,” sambungnya.

Setiap Program Studi (Prodi) dari permintaan kontingen ada tiga perwakilan. Sekiranya sebanyak 27 orang dikerahkan menjadi panitia. Hanya saja, delegasi lebih banyak perempuan daripada laki laki. Maka dari itu, menjadi kendala dari persiapan PKM ini. Oleh karena itu, adanya permintaan satu orang laki laki setiap HMP.

“Kita juga butuh tenaga laki-laki. Karena ada beberapa persiapan yang membutuhkan tenaga laki-laki. Maka oleh karena itu, kemaren setelah ada permintaan yang kita meminta tambahan lagi satu orang laki-laki per HMP. Jadi jumlahnya sekitar 36, ditambah oc/panitia inti kita mengambil dr anggota KNP dema FTK 2024,” tangkasnya.

Zikri Akbar berharap, semoga dengan Dema FTK mewadahi mahasiswa dalam PKM agar mereka bisa membuktikan mereka itu juga punya minat dan bakat.

Senada dengan itu, Ketua Panitia PKM FTK Shahrul Khadri menyampaikan, PKM Fakultas menjadi perhatian penting. Sebab, kampus akan melaksanakan acara pesona Indonesia. Nantinya, UIN IB Padang sebagai tuan rumah. Tentunya dibutuhkan perhatian penting dan persiapan matang.

“Di kampus kita akan melaksanakan acara Pesona Indonesia. Dimana UIN ditunjuk sebagai tuan rumah, berawal dari PKM prodi, dimana pemenang dari PKM prodi akan diutus ke PKM fakultas. Selanjutnya, akan di utus lagi ke PKM universitas,” ucap Syahrul.

Lanjutnya, PKM dilaksanakan sebagai bentuk wadah bagi mahasiswa FTK dalam melatih minat bakat. Sistem perlombaan ialah peserta merupakan utusan dari setiap Program Studi. Akan tetapi, khusus di cabang keagamaan dan seni tidak mengharuskan putra atau putri. Berbeda dengan olahraga yang ada kategori nya.

PKM FTK akan memakan waktu selama tiga hari di ajang olahraga seperti bulutangkis akan diadakan di aula mansur dan futsal akan menyewa lapangan di luar. Terkait lomba keagamaan akan dilaksanakan di kelas atau gedung kosong yang tidak terpakai.

Terdapat beberapa perlombaan PKM FTK, kategori keagamaan seperti MTQ, MHQ, MSQ. Kategori seni ada dua lomba Pop solo dan catur. Sedangkan, kategori olahraga Futsal, Basket, Bulu tangkis
Voli dan tenis meja.

Syahrul berharap, dengan adanya PKM Fakultas dapat meningkatkan serta menyalurkan minat bakat mahasiswa Fakultas Tarbiyah.

Wartawan: Syifah Luthfiah Anum (Mg), Shella febriani (Mg) dan Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *