Kemenkeu Sapa UIN Imam Bonjol

Padang (DKTV)

Mahasiswa merupakan calon pemimpin masa depan dan mencapai Indonesia maju pada tahun 2045 bertepatan saat Indonesia merayakan 100 tahun kemerdekaannya Indonesia emas Indonesia maju itulah masa depan kalian.

Demikian penyampaian Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dihadapan Mahasiswa Universitas IsIam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang melalui video di Gedung J, Kampus III, Sungai Bangek, Padang, Selasa, (5/3/2024).

Lanjut, penuh dengan rasa berbahagia yang berada di tengah-tengah kalian kalian adalah calon pemimpin masa depan. Masa depan Indonesia berada di tangan dalam mencapai Indonesia maju pada tahun 2045.

“Pada saat Indonesia merayakan 100 tahun kemerdekaannya Indonesia emas Indonesia maju itulah masa depan kalian Indonesia yang maju dan Indonesia yang sejahtera serta berkeadilan adalah cita-cita kita,” ucapnya melalui video virtual dihadapan mahasiswa.

Indonesia sebagai negara besar memiliki banyak sekali potensi untuk mewujudkan potensi dibutuhkan instrumen yang sangat penting untuk keuangan negara. Tentunya, peran dari uang merupakan satu instrumen yang penting diwujudkan dan dikelola di dalam anggaran pendapatan dan belanja negara.

Sri Mulyani menyebutkan, salah satu program kerjanya ialah Instrumen kebijakan fiskal yang merupakan instrumen yang sangat menentukan dari sisi stabilisasi negara Indonesia dan perekonomian dari sisi distribusi. Keadilan dari setiap ari sisi alokasi maupun efisiensi peranan APBN sebagai instrumen mewujudkan cita-cita Indonesia maju yang dapat dilakukan melalui sisi penerimaan belanja maupun pembiayaan.

Lanjutnya, maka dari itu, mahasiswa sebagai
generasi muda mungkin perlu untuk mempelajari. Kemenkeu akan senang dalam berbagi informasi data dan pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan negara penerimaan negara baik itu dari pajak bea cukai dan penerimaan negara.

Diketahui pajak merupakan sumber penerimaan yang sangat penting dan menarik untuk dipahami belanja negara. Tidak hanya, melalui pemerintah pusat kementerian dan lembaga. Namun, belanja melalui pemerintahan daerah yaitu transfer ke daerah adalah area yang luar biasa penting untuk juga dipahami masyarakat.

Tidak hanya itu, Sri Mulyani merasa sangat senang dengan seluruh jajaran kementerian keuangan di dalam yang terus membagi berbagai informasi. Kemenkeu melalui berbagai media keuangan negara APBN setiap bulan terus menyampaikan kekayaan negara yang sangat banyak juga perlu untuk dipahami

“Kami akan terus menyampaikan melalui berbagai media. Termasuk media sosial kalian adalah generasi penerus generasi yang memiliki cita-cita dan mimpi besar generasi yang bersemangat. Karena kalian dihadapkan pada berbagai kesempatan yang luar biasa terbuka dan berbeda dengan generasi sebelumnya,” sambungnya.

Sri Mulyani berpesan jangan pernah lelah mencintai Indonesia dan berikan yang terbaik untuk yang kau cintai bangsa dan negara Indonesia.

Senada dengan itu, Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin kustati menyambut baik dengan rasa syukur atas kedatangan tim Kemenkeu di UIN Imam Bonjol Padang sebagai salah satu Universitas yang dipercaya dalam kegiatan ini diantara banyak Universitas yang ada di Sumatera Barat.

“Kita memiliki Unand yang namanya sudah luar biasa ada UNP dan juga tiga Perguruan Tinggi Negeri lainnya. Namun, di bawah Kementerian Agama yaitu, UIN Imam Bonjol Padang, UIN Batusangkar dan UIN Bukittinggi dan salah satunya provinsi dengan tiga UIN di Indonesia” ucapnya dihadapan Audiens.

Lanjutnya, sebagai kampus yang dibangun dari dana SBSN, dana suku negara dan memiliki planning di dalam master plan tiga eksagonal yang pertama dan eksagonal yang kedua yang berada di atas ruang kuliah bersama dan akan segera dibangun secara bertahap karena tidak ada lagi jalan untuk mendapatkan yang multier seperti untuk yang eksagonal pertama.

Dengan keberadaan kampus lll yang membawa berkah bagi UIN IB padang dan juga terdapat satu program studi S3 terakreditasi unggul yang mendapatkan motivasi agar selalu bekerja untuk meningkatkan kualitas dari kinerja UIN imam Bonjol Padang.

“Bagaimana menjadikan para generasi muda menjadi generasi yang sesuai dengan visi misi bapak presiden Republik Indonesia. Menjadi generasi emas tahun 2045 dan itu juga adalah cita-cita daripada UIN imam Bonjol Padang sebagai salah satu pengemban amanah untuk menebar ilmu di tengah masyarakat” sambungnya,

Martin Kustati berharap, peserta yang ikut kegiatan tersebut dapat mengemban amanah untuk menebar jangkar-jangkar pengabdian di tengah masyarakat.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis dan Shofia Mutiarani

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *