Hasil Rukyatul Hilal Kota Padang Belum Terlihat

Padang (DKTV)

Hasil pemantauan Rukyatul Hilal di Kota Padang belum teramati, terlihat hanya berada di posisi 0,8 derajat. Hal ini diungkapkan oleh BMKG wilayah Padang dan Kemenag Padang untuk menentukan 1 Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Padang Panjang Suaidi Ahadi mengatakan, Sumatra barat punya tantangan sendiri karena di Sumatra barat adalah daerah yang dekat dengan katulistiwa yang menyebabkan banyak awan.

“Namun jika hilal tersebut di atas ketinggian 0,6 derajat itu bisa terlihat dengan baik menggunakan teleskop, kalau untuk melihat langsung dengan mata itu di 9 derajat,” sambungnya.

Lanjutnya, hasil dari pemantauan BMKG wilayah Padang akan dikirimkan ke pusat dan akan ditetapkan melalui sidang Isbat nantinya yang akan dilakukan oleh Kemenag.

“Hasil dari penglihatan ini akan di bawa ke sidang Isbat yang di adakan oleh kemenag begitupun hasil penglihatan dari seluruh Indonesia,” jelasnya.

Diketahui Hilal akan terlihat apabila mencapai 09-12 derajat dilihat melalui kasat mata, sedangkan melalui teleskop akan terlihat apabila mencapai diatas ketinggian 0,6 derajat. (Bib)

Wartawan: Habib Jatmika Imam, Akbar NST.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *