UIN IB Padang Masuk Lima Top Kampus Diminati

Padang (DKTV)

Penghujung Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (SPAN-PTKIN) Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol (IB) Padang menarik peminat sebanyak 15.000 pendaftar. Dengan pilihan PTKIN pertama sebanyak 8.400. Sedangkan, pilihan kedua sebanyak 7.100 siswa. Oleh karena itu, UIN IB Padang berada diposisi keempat peminat terbanyak dibandingkan PTKIN lainnya.

Ketua Admisi UIN IB Padang 2024 Ilham Dangu Rianjaya, M.Si. CIIQA menerangkan, hingga saat ini pada 16 Maret 2023 jumlah pendaftar program studi terbanyak ialah Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu sejumlah 3.300. Kemudian disambung oleh PGMI dan Psikologi Islam, yang mana masing masing sejumlah 2.500.

“Terkait dengan program studi yang mendaftar terbanyak yaitu program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 3.300 orang dan dilanjutkan oleh PGMI dan psikologi islam yang mana masing masing sejumlah 2.500 pendaftar,” ucapnya kepada wartawan DKTV.

Lanjutnya, total keseluruhan pendaftar belum bisa dipastikan. Sebab, Kementerian Agama (Kemenag) masih memperpanjang waktu pendaftaran SPAN PTKIN sampai 19 maret 2024 mendatang. Hal ini disebabkan tingginya peminat pendaftaran siswa yang masih belum terakomodir.

Maka dari itu, kepada siswa yang sudah lulus SMA, Madrasah atau sederajat agar segera menyelesaikan pendaftaran dan pengisian data di portal pendaftaran. Pentingnya ketelitian dan kefokusan dalam pengisian nantinya.

Ia juga menyampaikan, sampai saat ini posisi UIN IB Padang sebagai nomor 1 peminat SPAN PTKIN di Sumatera. Meskipun, jarak peminat SPAN PTKIN UIN IB Padang dan UIN Gunung Djati Bandung masih jauh berbeda.

Ilham Dangu Rianjaya, M.Si. CIIQA berharap, semoga yang lulus nanti di UIN Imam Bonjol Padang dapat benar-benar menimba ilmu. Dengan tempat yang sesuai keinginan dan minat dari adik-adik sekalian.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis dan Fahriya Nabila

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *