FDIK UIN IB Padang Siap Luncurkan Jurnal Hasil Karya Mahasiswa

Padang (DKTV)

Dalam menciptakan Fakultas yang berintegritas dan dapat bersaing di dalam kampus maupun luar kampus. Serta melahirkan generasi yang berkualitas dan bermutu di dalam penulisan. Oleh karena itu, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN IB Padang akan melaksanakan pelatihan pengelolaan Jurnal di Hotel Rocky Padang Sabtu, 23 Maret mendatang.

Baru baru ini, Wakil Dekan (WD) Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN IB Padang Abdullah Khusairi sudah membentuk tim khusus sebanyak 23 mahasiswa FDIK yang akan melakukan penelitian dalam penerbitan jurnal FDIK. Abdullah Khusairi menginginkan pada masa jabatannya adanya penerbitan jurnal yang merupakan hasil karya mahasiswa FDIK khususnya.

Selain itu, penelitian ini merupakan cita-cita dari Abdullah Khusairi dalam memotivasi mahasiswa yang handal dalam penulisan sebagai penunjang Akreditasi Program Studi (Prodi). Maka dari itu, tim khusus FDIK akan melaksanakan pelatihan terlebih dahulu. Guna membuat jurnal yang sesuai OJS dan keilmuan Prodi.

Tidak hanya itu, nantinya mahasiswa akan belajar bagaimana teknik mencari dan mengolah referensi. Acara akan diisi oleh pemateri – pemateri yang berkompeten di dalam bidang penulisan yang tidak lain ialah Dr. M Jamil, MA dan Fdhail Wafi S.Sos.

Senada dengan itu, Kepala tata usaha (KTU) FDIK Nur Reherma Syafianti mengatakan bahwasanya, pelaksanaan kegiatan pelatihan jurnal hanya ditujukan oleh mahasiswa FDIK. Terlebih lagi, kegiatan ini mendapat respon baik dari pimpinan Fakultas sendiri.

Lanjutnya, kegiatan Pelatihan jurnal sengaja dianggarkan di tahun 2024 merupakan hasil revisi anggaran yang dulu belum dianggarkan.

“Kegiatan ini jadi sebelum anggaran di sahkan kemaren oleh pusat kita revisi dan muncullah kegiatan ini, karena ibu sebagai KTU baru di FDIK , ibu ajukanlah kegiatan ini ke pimpinan dan itu mendapat respon yang sangat baik.ini point pertama”. Ucap saat wawancara onlie.

Tujuan kegiatan ini ialah menggali dan memotivasi mahasiswa yang memiliki bakat serta minat dalam menulis. Selain itu, mahasiswa sendiri akan mendapatkan keuntungan yang diantaranya ialah ilmu bagaimana cara menulis dan hasil tulisan tersebut diterbitkan dalam jurnal mahasiswa.

Tidak hanya itu, mahasiwa juga akan mendapatkan ilmu bagaimana cara dalam mengelola sebuah jurnal.

Nur Reherma Syafianti berharap, semoga mahasiswa yang terpilih mengikuti kegiatan ini dapat serius dan bisa memahami materi yang diberikan sehingga nanti bisa menerbitkan jurnal yang murni ditulis oleh mahasiswa dan dikelola oleh mahasiswa juga.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis dan Pricilia Mutiarani (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *