Pelatihan ILMADIKA Tuai Respon Dari Mahasiswa

Padang (DKTV)

Setelah pelaksanaan Pelatihan pengelolaan jurnal Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK). Kegiatan tersebut mendapatkan respon baik dari pemateri maupun peserta, Minggu (24/03/2024). Salah satunya narasumber sekaligus pembina ILMADIKA Fdahil Wafi, S. Sos menyampaikan, kegiatan pelatihan jurnal dibentuk guna menaikkan Akreditasi Program Studi (Prodi).

Lanjutnya, pelatihan pengelolaan dapat dilihat dari beberapa mahasiswa yang masih belum bisa menyeimbangkan kegiatan ini. Sebab, cara sistem teknis pelaksanaan jurnal diambil berdasarkan tindakan langsung. Walaupun secara teoritis masih terdapat kesusahan dan masih mengambang.

Namun, sudah dijelaskan terhadap referensi penulisan dan tahapan penulisan artikel. Hanya saja, masih sedikit mahasiswa yang merespon dan feedbacknya. Akibatnya, suasana menjadi cair dan wajar rasanya karena penulisan ini juga membutuhkan waktu dari artikel penelitian mereka dan skripsi mereka.

“Kemarin masih teoritis jadi susah dan masih di awang-awang, tetapi saya jelaskan referensi penulisan, artikel, setelah itu mahasiswa ada sedikit respon dan feedback. Jadi cair rasanya suasana, wajar rasanya karna penulisan ini mahasiswa juga butuh untuk artikel penelitian mereka dan skripsi mereka.” Ucap Wafi saat diwawancarai via online oleh wartawan DKTV.

Meskipun pelaksanaan pelatihan jurnal memakan waktu setengah hari dari pagi hingga sore. Akan tetapi, kegiatan yang menghadirkan dua pemateri yang membahas tentang pengelolaan jurnal dari website, mulai dari bentuk pengelolaan jurnal baik dari website. Terlebih lagi, ketika website sudah jadi.

Selain itu, dapat dilihat dari Mahasiswa FDIK yang sangat antusias dan memiliki kemauan dalam menekuni bidang penulisan ini. Terbukti dari sebelum jauh ke dalam pembicaraan bagaimana tentang penulisan.

Namun, mahasiswa sudah berada dalam lingkungan ataupun sekelompok yang saling supportif dalam mengembangkan kemampuan menulisnya.

“Jika kita mempunyai niat menulis (bakat menulis) tetapi circle kita tidak disitu akan sulit untuk kita menulis, dan periode sekarang sangat bagus, karena UIN sekarang sudah me-like artikel ilmiah (artikel jurnal) untuk mahasiswa,” sambungnya.

Pentingnya karya mahasiswa untuk Prodi FDIK yang dapat menunjang Akreditasi Prodi. Dengan terbitnya jurnal mahasiswa yang dapat berkelanjutan terhadap kualitas mahasiswa dalam menaikkan kuliah Prodi Fakultas.

“Saya berharap jurnal ini segera jadi segera terbit dan bisa berkelanjutan dengan kualitas mahasiswa FTK khusus nya bisa imbang dengan mahasiswa yang ada di Jawa.” tutupnya.

Senada dengan itu, peserta Muhammad Hidayat Putra menyampaikan, rasa terimakasih kepada pihak fakultas. Terlebih lagi, Kepala Tata Usaha (KTU) FDIK yang telah memberikan kepercayaan pada mahasiswa sebagai peserta untuk mengikuti kegiatan pelatihan jurnal.

Lanjutnya, acara yang sangat luar biasa dan bermanfaat kepada mahasiswa yang mempunyai minat dalam penulisan. Terlihat terbantu mahasiswa yang ingin bercita-cita serta mengejar dan mendalami lagi tentang penelitian secara ilmiah.

“Apalagi ini sebagai pengolah jurnal, ini merupakan langkah awal sebagai tim pengelola jurnal,” ucapnya saat diwawancari langsung oleh wartawan DKTV.

Hidayat berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut dan bisa memberikan karya-karya yang dapat bisa dimanfaatkan banyak orang. Terkhususnya mahasiswa FDIK sebagai mengelola jurnal dalam meningkatkan kualitas mahasiswa yang lebih unggul lagi.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis dan Pricilia Mutiarani (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *