Subhan Ajrin Sebut Alasan Tes Asesmen Psikologis!

Padang (DKTV)

Seleksi tahapan tes asesmen psikologis panitia Pengenalan Budaya dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Imam Bonjol (IB) Padang tahun 2024 sudah berlangsung selama selama tiga hari dan akan berakhir pada tanggal 16 April pukul 17.00 WIB. Tes asesmen dilaksanakan dalam bentuk computer assisted test (CAT) dengan memasukkan nama dan Nomor Induk Mahasiswa.

Dalam hal itu Ketua PBAK 2024 Subhan Ajrin menyampaikan, pembentukan kepanitiaan PBAK dilaksanakan berdasarkan tes asesmen psikologis guna menjaring mahasiswa dalam menyambut Mahasiswa Baru (Maba) di kampus UIN IB Padang. Sebab, terlihat besarnya animo mahasiswa dalam mendaftar yang menjadi cerminan semangat dalam menyambut Maba.

Lanjutnya, alasan tes asesmen psikologis dilaksanakan agar dapat memastikan bahwa anggota panitia memiliki kualifikasi dan kemampuan yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban. Karena setiap panitia harus mempunyai pemahaman yang baik terhadap proses keterampilan organisasi. Terlebih lagi, komunikasi yang baik dan benar.

“Yang paling penting adalah seleksi ini dilakukan untuk memastikan bahwa anggota panitia memiliki kualifikasi dan kemampuan yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diemban,” ucapnya kepada wartawan DKTV via online.

Dengan tes asesmen psikologis dapat melihat kemampuan mahasiswa dalam bidang kerjasama, ketahanan kerja, kemampuan berkomunikasi dan lain sebagainya.Nantinya, sebanyak 250 mahasiswa yang akan direkrut dalam kepanitiaan PBAK tahun 2024 dan setelah pada tanggal pada tanggal 16 April mendatang akan diumumkan kelulusan kepanitiaan PBAK. Akan tetapi, terkait tidak adanya penambahan kuota PBAK yang berangkat dari angka yang telah ditetapkan.

“Proses asesmen sampai tgl 16 april, berarti setelahnya (pengumuman),” sambungnya.

Kemudian, disambung dengan tahapan wawancara bagi mahasiswa yang ingin memangku jabatan koordinator divisi dari setiap bidang, sekretaris dan ketua Panitia maupun wakil ketua panitia.

“Bagi yang mendaftar khusus untuk menjadi panitia inti PBAK dan lolos asesmen psikologis untuk menyiapkan diri pada tahapan wawancara nanti,” ungkap Subhan Ajrin Wakil Dekan (WD) bidang akademik dan kemahasiswaan.

Disamping itu, Subhan juga menyampaikan bahwasanya Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UIN IB Padang tahun 2024 merupakan cerminan pertumbuhan dan pengembangan dalam bidang institusi pendidikan, sekaligus menjadi indikator bagi institusi. Guna mendapatkan terus berkembang dan memberikan kontribusi bagi masyarakat.

Tambahnya, PMB akan membawa diversitas ke dalam lingkungan akademik. Mahasiswa baru ini berasal dari latar belakang yang berbeda, memiliki minat yang beragam, dan membawa pengalaman uniknya
masing-masing. Hal ini akan menciptakan lingkungan kampus yang mendukung serta dinamis.

Subhan berharap, semoga proses asesmen bisa berlangsung lancar dan mahasiswa yang lolos tahapan seleksi nanti. Dapat bekerja sesuai dengan tanggung jawabnya dan dilaksanakan sepenuh hati untuk menyambut kedatangan Maba di kampus UIN IB Padang.

Berikut link seleksi pendaftaran tes asesmen psikologis https://pbak2024.my.id/

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *