Fakultas Tarbiyah Optimis Pertahankan Juara Umum PKM-U

Pekan Kreatifitas Mahasiswa Universitas (PKM-U) 2024 tinggal hitungan detik, sebagai juara bertahan di tahun sebelumnya, fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) optimis bisa kembali keluar sebagai juara umum.

Keoptimisan perwakilan mahasiswa FTK melaksanakan PKM-U 2024 dilihat dari persiapan, semangat, dan antusias kontingen.

“Jargonnya mereka optimis untuk juara umum, maka FTK berniat meraih kembali juara tersebut,” ujar Dekan Tarbiyah, Sermal Pohan ketika diwawancarai usai pembukaan PKM-U.

Lanjutnya, persiapan FTK untuk PKM-U 2024 sejauh ini sudah dilaksanakan dengan serius sesuai dengan aturan dan kebijakan yang ada.

FTK sebelumnya telah melakukan Pekan Kreativitas Mahasiswa Fakultas (PKM-F), terdapat 12 cabang yang diperlombakan di PKM-F dari 37 cabang yang ditawarkan, dilaksanakan serius oleh mahasiswa yang di motori oleh Dema. Lalu cabang lainnya dilakukan melalui seleksi fortofolio dan wawancara.

Tambahnya, Karena fasilitas khusus dibidang olahraga bertempat di kampus II Lubuk Lintah dalam 2 minggu ini sudah rutin latihan. Lalu di bidang Musabaqoh Syahril Quran (MSQ), khususnya di seni telah dipersiapkan. Namun ada satu cabang lomba yang tidak terpenuhi yaitu kempo.

Sermal Pohan juga menyampaikan bagi kontingen FTK yang berprestasi di PKM-U 2024 nantinya akan mendapatkan apresiasi. Untuk pemenang sebenarnya memiliki anggaran untuk prestasi, tapi sejauh ini anggaran prestasi yang sudah dialokasikan sepanjang tahun 2024 masih letakkan di kejuaraan nasional.

“Jadi yang mendapatkan juara di tingkat nasional kita berikan apresiasi tidak hanya melalui sertifikat tapi kita anggarkan dalam bentuk beasiswa, dan lain-lain. Untuk PKM ini kita berikan reward tidak hanya sertifikat, itu masih dibicarakan dengan unsur pimpinan,” jelasnya.

Namun FTK juga masih memiliki kendala, salah satunya terletak pada peralatan. Salah satunya di Cabor Panah. “Ada terpaksa kita menyewa contoh panahan, panahan itu baru tdi pastinya, kemarin sudah kita delete dari cabang, tapi ternyata ada yang menawarkan tempat gratis dari pihak luar, oleh karena itu kita ikutkan lagi rupanya ada sekitar 13 orang panahan yang memang bersemangat untuk ikut,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang kontingen FTK Cabor Panjat Tebing, Pinpin Ahmad Utama menyampaikan, telah mempersiapkan latihan secara matang. Untuk persiapan menjelang PKM-U 2024 telah melakukan training camp.

“Training camp itu dilaksanakam semenjak , seleksi kontingen di PKM-F Tarbiyah. Teman-teman kontingen yang menang mengikuti agenda tersebut selama menjelang PKM-U sampai hari ini,” ucapnya.

Pinpin juga menyebut optimis menang dari cabor yang diikuti dan FTK kembali keluar sebagai juara umum.

“Karena melihat menimbang teman-teman yang dari Tarbiyah itu sangat semangat dalam latihannya, jika teman-teman datang ke kampus II di sore hari pasti ramai mahasiswa Tarbiyah yang berlatih,” tutupnya.

Diketahui FTK berhasil menjadi juara umum pada PKM-U 2023 dengan mematahkan kesempatan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) untuk menjadi juara bertahan yang pernah menjadi juara umum tahun 2022. (Bib)

Wartawan: Fricela Syahrani, Tazkia Arrefah.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *