Menanti Kabar Tuan Rumah Pesona 2024

Padang (DKTV)

Usulan rencana perhelatan tuan rumah Pekan Seni dan Olahraga Nasional (PESONA) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2024 saat menjadi perbincangan hangat bagi mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang.

Bagaimana tidak, kampus yang dijuluki atas awan tersebut menjadi satu-satunya usulan tuan rumah dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Permintaan tersebut terjadi di dalam forum Rektor dan Wakil Rektor (WR) lll.

Hal ini disampaikan langsung oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Welhendri Azwar saat diwawancarai oleh wartawan DKTV setelah menghadiri acara pembukaan PKM-U di lapangan upacara Rektorat Gedung C, Kampus lll, Sungai Bangek, Padang.

Lanjutnya, UIN IB Padang satu satunya calon tuan rumah Pesona tahun 2024. Hanya saja, belum adanya penunjukan secara resmi dari kementerian. Pada bulan Mei mendatang akan diadakan kembali forum WR lll hingga lahirlah keputusannya tersebut.

“Kabarnya, diawal Mei ini akan diadakan forum WR lll, dari situ nantinya akan ada keputusan,” ucapnya dihadapan wartawan DKTV.

Welhendri Azwar juga mengatakan, bahwasanya event pesona merupakan event nasional dan merupakan kegiatan Kementrian. “Jadi Kementerian yang berhak menunjuk siapa yang akan pelaksana kegiatan tersebut, Sebab hal tersebut menjadi prioritasnya Menteri Agama. ” Tegasnya

Akan tetapi, dalam forum WR lll satu satunya calon tuan rumah Pesona 202hanya kampus UIN IB Padang saja. Hal tersebut merupakan usulan dari forum WR lll dan Rektor.

“UIN padang hanya satu satunya calon tuan rumah untuk pesona 2024. Namun hal tersebut merupakan prioritasnya Menteri, Menteri mungkin saja menetapkan kampus yang lain. ” sambung jebolan Master Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dalam hal ini jika UIN Imam Bonjol Padang berkesempatan menjadi tuan rumah Pesona. Maka dari itu, Universitas sudah menyatakan siap. Tentunya, seluruh fasilitas keolahragaan akan dibenahi. Hal ini menjadi sudah alasan dalam pelaksanaan PKM-U untuk meningkatkan jumlah cabang sesuai yang ada
dalam kegiatan Pesona tahun 2024.

Disamping Welhendri Azwar juga menyampaikan, tentang PKM-U ini sebenarnya sudah dilaksanakan mulai tahun 2012. Namun, hanya sampai pada tingkat Fakultas. Berawal pada tahun 2022 terbentuklah jenjang yang bermula dari Fakultas dipertandingkan pada tingkat Universitas.

Lanjutnya, sampai pada nantinya para pemenang di tingkat Universitas akan dibawa ke event-event yang bersifat nasional. Jadi PKM-U ialah prestasi yang berjenjang dan terukur dari setiap Fakultas.

PKM-U juga merupakan wadah bagi mahasiswa untuk memiliki daya intelektual yang bagus saat menimba pengetahuan di bangku kuliah serta mengembangkan bakat dan minat talenta.

“Talenta personal itu menunjukkan siapa kita, dan menjadi prestise kita dimata masyarakat dan orang banyak. Marilah kita meriah prestise dengan prestasi, tidak dengan sekedar sensasi,” tutup jebolan Doctor Universitas Kebangsaan Malaysia.

Sebelumnya, Rektor UIN IB Padang Martin Kustati juga menyingung terkait tuan rumah Pesona tahun 2024 saat membuka acara PKM-U di lapangan upacara Rektorat Gedung C, Kampus lll, Sungai Bangek, Padang.

“Pada tahun ini kita masih menunggu keputusan siapa yg akan menjadi tuan rumah pesona. Para WR meminta pesona tahun ini dilaksanakan di uin ib, tinggal menunggu hasil dari Kementerian Agama,” ucapnya saat dihadapan kontingen PKM-U setiap Fakultas.

Hanya saja, jika UIN IB Padang menjadi tuan rumah tentunya banyak hal yang akan diurus dan disiapkan untuk menjadi tuan rumah. Melihat hal tersebut Wakil Rektor lll sudah melakukan perbaikan dari berbagai tempat fasilitas olahraga,

“Banyak yang harus disiapkan jika UIN ingin menjadi tuan rumah dari Pesona, salah satu strategi, jika kita menjadi tuan rumah Pesona!,” tutup sang pakar Pendidikan bahasa Inggris.

Wartawan: Irvan Mufadhdhal Zulis dan Tazkia Arrefah (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *