Sebanyak 9 Peserta MKTQ Lalui Tahap Penyisihan

Padang (DKTV)

Hari pertama pelaksanaan lomba Pekan Kreativitas Mahasiswa Universitas (PKM-U) UIN Imam Bonjol Padang, cabang lomba Musabaqoh Karya Tulis Al-Qur’an (MKTQ) memasuki tahap awal penyisihan. Diketahui jumlah peserta terdapat 9 orang dari masing-masing perwakilan fakultas.

Bersaing ketat diawal tahap penyisihan, mekanisme perlombaan peserta diberi waktu dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB untuk menuntaskan karya tulis.

“Kurang lebih diberi waktu 9 jam sudah harus selesai oleh peserta baru nanti di periksa oleh juri,” ujar penanggung jawab lomba karya tulis Al-Qur’an, mahasiswa jurusan Psikologi Islam, Melati Safitri.

Lomba dilaksanakan selama dua hari yang akan dilanjutkan tahap final di hari Jumat (03/05). Untuk tahap selanjutnya peserta akan memprentasikan hasil karya tulis yang telah dibuat pada hari ini tahap penyisihan.

Sementara itu, dewan juri karya tulis Al-Qur’an berasal dari dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, Dr. Faisal M. Ag menyampaikan, lomba MKTQ idealnya melalui 3 babak yaitu babak penyisihan, semifinal dan final. Tetapi dikarenakan peserta relatif sedikit, sehingga dipangkas menjadi dua tahapan penyisihan dan final.

Lanjutnya, terkait penilaian berdasarkan 3 aspek penilaian yaitu: aspek materi, bahasa, dan logika. Untuk penilaian tertinggi terletak pada bagian aspek materi sebanyak 40%.

kedua, eksplorasi kandungan al-Qur’an bersifat wajib minimal 1 ayat yang cantumkan oleh peserta dan di eksplorasi tafsirnya.

ketiga keluasan wawasan dan ke empat keterkaitan referensi. Kemudian bidang kaidah bahasa antara lain tata bahasa, ketepatan ragam bahasa, diksi dan ungkapan.

“Karena makalah yang ditulis peserta ini sifatnya itu ilmiah populer jadi tidak seperti makalah biasanya, seperti makalah ilmiah murni. Tapi dia ilmiah populer mirip seperti opini di media bahasa, jadi penggunaan bahasa harus lugas dan enak dibaca,” jelasnya.

Tambahnya peserta yang lolos di babak final harus terlebih dahulu mempresentasikan makalah dalam bentuk power point, presentasi dilakukan sekitar 7 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab.

Sedangkan untuk penilaian dari presentasi melalui 3 aspek: kualitas paparan, jawaban dan etika presentasi. Untuk total keseluruhan penilaian dari kedua babak di akumulasi dengan presentase karya tulisan 80% dan presentasi 20%.

“Karena lomba ini lomba karya tulis jadi walau presentasinya bagus belum tentu bisa mendapatkan juara. karena penilaian karya tulisan lebih tinggi persentase nya,” ujarnya. (Bib)

Wartawan: Nisa Surya.

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *