Wujudkan Kepemimpinan Mahasiswa PAI Melalui PKD

Padang (DKTV)

Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) adakan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan dasar (PKD) yang bertujuan untuk melatih mahasiswa Prodi PAI memiliki jiwa kepemimpinan yang baik serta bisa menjadi pemimpin yang amanah dan bisa dipercaya oleh masyarakat nantinya dan memiliki rasa kepemimpinan yg sudah ada dalam Al-Qur’an dan Hadist,. Minggu (09/06)

Ketua umum HMP-PAI Ilham Akbar Maulana menyampaikan, Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) berlangsung selama dua hari pada Sabtu sampai Minggu, 8-9 Juni 2024. Pelatihan Kepemimpinan Dasar merupakan program dari Pembinaan Aparatur Organisasi (PAO) sebagai wadah yang tersedia untuk melatih jiwa kepemimpinan dari mahasiswa Pendidikan Agama Islam.

Akbar menyampaikan, tujuan diadakannya kegiatan Pelatihan Dasar Kepemimpinan yaitu untuk meningkatkan skill mahasiswa PAI dalam bidang kepemimpinan , manajemen organisasi, dan administrasi birokrasi.
Ditambahkan, kegiatan Pelatihan Dasar kepemimpinan rutin diadakan setiap tahunnya, terdapat beberapa perbedaan kegiatan tahun 2023 dengan 2024 dilihat dari jumlah pesertanya lebih banyak pada tahun 2024 karena persiapan yang cukup matang dari SC dan panitia sehingga peserta cukup antusias dengan kegiatan Pelatihan Kepwmimpinan Dasar. ujar ketua umum HMP-PAI Ilham Akbar Maulana.

Adapun yang menjadi pemateri dikegiatan PKD yaitu Yogi Liswanto sebagai pemateri administrasi organisasi dan manajemen aksi, Muchsin Fikri sebagai pemateri administrasi birokrasi, Rezi Rahmat sebagai pemateri Kepemimpinan, dan Hendrix sebagai pemateri Teknik Sidang, ucap ketua umum HMP-PAI Ilham Akbar Maulana.

Akbar berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat mengasah skill dan kemampuan kepemimpinan mahasiswa PAI dalam berorganisasi dan mendapatkan ilmu yang jarang didapatkan dikelas.

Ketua panitia Adian Rahmad Daulay menyampaikan, tujuan PKD untuk menambah wawasan mahasiswa PAI, membentuk jiwa kepemimpinan bagi mahasiswa, menciptakan komunikasi yang efektif antar anggota terhadap ketua, mampu menertibkan dan mengefektifkan administrasi dengan baik, serta mampu memecahkan masalah yang terjadi pada sistem kepemimpinan.

Adian menyampaikan bahwa PKD diadakan setiap satu tahun sekali, dan terdapat beberapa dari panitia tetapi tidak membuat panitia terpecah sehingga kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar dan meriah.

Adapun persiapan kami dimulai dari panitia berlangsung selama 30 hari dengan melakukan rapat sebanyak enam kali serta jumlah panitia 36 orang yang di pimpin oleh Harif Rahman Suyatno dan Ayunda Kholizah Harahap, selaku Stering Comite (SC) dan jumlah peserta sebanyak 126 orang.

Adian berharap supaya mahasiswa” PAI bisa menjadi mahasiswa yang kritis, loyalitas, dan mampu menjadi pemimpin dengan baik, karena kita adalah calon seorang guru agama, maka dari itu seseorang haru pandai dalam memimpin baik itu individu maupun sosial sesuai dengan ajaran Islam.

Wartawan: Shalshabila (Mg) dan Pajri Husnul Khotima (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *