Perpustakaan UIN IB Bersiap untuk Transformasi Besar!

Padang (DKTV)

Pentingnya meningkatkan minat baca dan memberikan pelayanan terbaik untuk menghasilkan kenyamanan pengunjung khususnya mahasiswa. Perpustakaan UIN Imam Bonjol Padang laksanakan tahapan proses transformasi.

Nantinya, perubahan besar akan terlihat dari desain interior perpustakaan sesuai rencana yang telah disetujui pimpinan pada akhir tahun 2023 lalu.

Sesuai dengan rencana semester depan pengunjung akan melihat perpustakaan dengan desain interior yang sepenuhnya baru.

“Insyaallah, semester depan perpustakaan kita tidak akan seperti ini lagi desain interiornya. Kalau Anda lihat di video profil perpustakaan di website kita, terakhir ada beberapa foto, insya Allah akan seperti itu nantinya.” Ucap kepala UPT perpustakan, Dr. Resty Jayanti Fakhlina, S.sos, M.A.

Tidak hanya itu, pengadaan bagian IT juga sudah dilakukan. Mengingat komputer perpustakaan dulunya merupakan pinjaman dari laboratorium namun kini sudah mempunyai komputer sendiri.

Beberapa printer tambahan juga sudah tersebar di seluruh ruang baca. Selain itu, langganan e-book, e-journal, dan aplikasi Turnitin sudah mulai berjalan tahun ini.

Disamping itu, pengunjung perpustakaan pada bulan Mei. Diketahui dari media sosial Instagram Perpustakaan tercatat sebanyak 5.763 pengunjung. Dengan pengunjung terbanyak di 2 Mei sejumlah 639 orang.

Penghujung perpustakaan tidak dapat diperkirakan. Sebab, terkandang pengunjung ramai dan sepi pada setiap harinya.

“Kadang ramai pada pagi hari dan kadang sore hari. Bahkan, sering kali masih ada pengunjung yang berada di perpustakaan setelah jam pulang, sehingga petugas harus meminta mereka untuk pulang.” sambungnya.

Akan tetapi, dengan adanya peningkatan pengunjung. Maka UPT perpustakaan akan berfokus pada pemusatan pengadaan IT dan penataan gedung.

Perancangan pemasangan sistem RFID yang akan digunakan untuk peminjaman buku secara mandiri juga akan diselesai pada akhir tahun.

Targetnya pengunjung akan dapat meminjam buku secara mandiri yang cukup dengan scan barcode menggunakan ponsel mereka.

Dengan perencanaan dan perancangan yang sedang berlangsung Resty berharap, semoga kelancaran untuk proses ini hingga nanti. Pengunjung merasa nyaman di perpustakaan dan dapat menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah.

Selain itu perubahan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan dan kenyamanan bagi semua pengunjung perpustakaan.

Wartawan: Pricilia Mutiarani (Mg)

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *